Dear Penggemar Fotografi, Ini Perbedaan Istilah di SD Card

Pendidikan

Dear Penggemar Fotografi, Ini Perbedaan Istilah di SD Card

Bagi Anda yang baru tertarik atau ingin menggemari dunia fotografi maka ada dua hal yang perlu dimiliki. Pertama adalah kamera digital single-lens reflex camera atau DSLR dan yang kedua adalah memori untuk penyimpanannya atau SD Card. Untuk kamera DSLR, saat ini sudah banyak merek yang dijual di pasaran yang bisa dipilih sesuai anggaran Anda. Namun terkait SD Card, percaya atau tidak ketika Anda akan membelinya akan terdapat istilah serta angka-angka yang sebenarnya perlu diketahui.

Dear Penggemar Fotografi, Ini Perbedaan Istilah di SD Card

Bagi orang awam, saat akan membeli memori penyimpanan untuk kamera, hal yang mereka ketahui rata-rata hanyalah kamera DSLR membutuhkan SD Card. Padahal SD Card sendiri memiliki banyak istilah. Dari mulai SD saja, lalu ada SDHC dan SDXC yang biasanya memiliki angka yang tertera di pembungkus dan bagian depannya.

Sebelum lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu SD Card. Sebagaimana dilansir dari mobileyouth.org (12/11/2019), kata SD di sini terdiri dari kata Secure Digital yang pada dasarnya menggunakan konsep memori flash virtual. Tidak seperti hard disk pada umumnya yang terdiri dari piringan serta terdapat mekanisme yang bergerak untuk merekam data yang masuk. Data di SD, baik itu micro SD, SDHC, hingga SDXC, disimpan secara virtual pada sirkuit yang ada di dalam perangkat ini.

[Baca Juga: Penjelasan realme Indonesia Soal Kamera 64MP di realme XT]

Dalam cakupan SD, setiap istilah memiliki kapasitas penyimpanan maksimum yang beraga. Untuk SD Card yang standar, biasanya penyimpanan maksimalnya hanya mencapai 2 gigabyte. Sedangkan untuk kamera DSLR, biasanya memori yang digunakan adalah SDHC atau SDXC. Untuk SDHCatau Secure Digital High Capacity memiliki kapasitas penyimpanan maksimal di angka 32 gigabyte. Sedangkan SDXC atau Secure Digital eXtended Capacity, biasanya memiliki kapasitas memori penyimpanan yang tinggi hingga 2 terabyte.

Mungkin akan terbersit di benak Anda, mengapa micro SD untuk memori penyimpanan ponsel pintar bisa memiliki kapasitas yang Tinggi? Ini dikarenakan micro SD sebenarnya memiliki banyak jenis dengan rata-rata yang dijual di pasaran untuk ponsel pintar saat ini adalah micro SDHC dan micro SDXC.

[Baca Juga: Realme Tunjuk Fotografer Ternama Dunia Setel Kamera Realme XT]

Lalu saat Anda ingin membeli SD Card istilah yang perlu diketahui adalah angka yang tertera. Kecepatan untuk merekam video atau memotret dari SDHC atau SDXC saat menggunakan DSLR bukan tergantung dari jenisnya tapi justru angka yang menjadi speed class. Pada umumnya terdapat empat kelas yang tertera, yaitu 2, 4 ,6 , dan 10. Dengan kelas terendah berada di angka 2 ini berarti minimum kecepatan perpindahan datanya adalah 2 megabyte per detik sedangkan kelas 10 tertinggi memiliki minimum di 10 megabyte per detik.

Salah satu contoh SD Card yang terbilang handal untuk digunakan di kamera DSLR adalah Lexar 32GB UHS-I SDHC. Pasalnya, SD Card jenis SDHC ini memiliki kecepatan perekaman data sekitar 10 megabyter per detik sehingga memastikan proses perekaman video serta pemotretan untuk menghasilkan RAW image lebih cepat. Bila Anda penasaran dengan SDHC ini, Anda bisa mengeceknya di link ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.