Dear Pengguna Lensa Kontak, Perhatikan Hal Ini Demi Cegah COVID-19

Kesehatan

Dear Pengguna Lensa Kontak, Perhatikan Hal Ini Demi Cegah COVID-19

Selain untuk mempercantik diri, banyak yang menggunakan lensa kontak untuk membantu menangani permasalahan rabun jauh (minus) dan rabun dekat (plus). Namun mengingat penggunannya yang harus memasang lensa kontak langsung ke mata terdapat indikasi hal ini dapat memicu penyebaran COVID-19. Tapi tenang saja, pusat penelitian mata di salah satu universitas di Kanada memiliki saran agar Anda tetap dapat menggunakan lensa kontak di masa pandemi COVID-19 seperti ini.

Kabar mengenai indikasi penyebaran COVID-19 melalui lensa kontak ini pertama kali dikeluarkan di Amerika Serikat melalui American Academy of Ophthalmology pada Maret 2020. Di mana Virus Corona disebut dapat menginfeksi diri melalui mata jika tangan Anda sudah menyentuh permukaan yang terdapat virus bernama SARS-CoV-2 tersebut.

Dear Pengguna Lensa Kontak, Perhatikan Hal Ini Demi Cegah COVID-19

Penyebaran melalui lensa kontak ini disebut bisa saja terjadi ketika seseorang yang sudah membawa virus Corona di tangannya sedang melepas atau memasangnya di mata. “Beberapa orang tidak terlalu higienis dan mungkin lupa menuci tangan terlebih dahulu,” sebut Juru Bicara American Academy of Ophthalmology Thomas Steinemanna, sebagaimana dilansir dari cnn.com (27/3/2020).

Terlepas dari imbauan tersebut, bagi Anda yang memang menggunakan lensa kontak untuk kesehariannya, sebenarnya masih bisa tetap aman untuk dikenakan. Hal ini didukung pernyataan dari ahli di Centre for Ocular Research & Education (CORE) Universiy of Waterlook di Negara Kanada. Di mana antisipasi COVID-19 terhadap lensa kontak disebut kembali kepada diri Anda sendiri.

[Baca Juga: Salah Memakai Lensa Kontak Bisa Berbahaya Bagi Mata]

“Temuan kami menunjukkan bahwa lensa kontak tetap menjadi alat koreksi penglihatan yang dapat diterima selama pendemi Virus Corona, selama orang-orang memperhatikan kebersihan tangan yang baik serta mengikuti arah pemakaian dan perawatannya yang tepat,” sebut Direktur CORE Dr. Lyndon Jones, sebagaimana dilansir dari scitechdaily.com (13/4/2020).

Demi memastikan penggunaan lensa kontak tetap aman selama keadaan COVID-19 ini, CORE merilis paper mereka yang dapat membantu para praktisi perawatan mata dan Anda terkait hal ini. Di mana pada paper tersebut terdapat tips yang bisa diperhatikan, yaitu:

  • Selalu jaga kebiasaan kebersihan! Kebiasaan cuci tangan serta pengeringannya secara menyeluruh merupakan hal yang penting. Selain itu memperhatikan higienitas lensa kontak juga penting. Anda harus selalu memastikan kebersihannya sebelum digunakan sehingga ada baiknya untuk rutin membersihkan lensa kontak dengan sabun serta air.
  • Pastikan tangan yang belum dicuci bersih tak menyentuh lensa kontak. Bahkan ini tak hanya diterapkan pada lensa kontak saja tapi seluruh bagian muka diusahakan jangan disentuh bila Anda merasa belum mencuci tangan menggunakan sabun.
  • Demi antisipasi infeksi virus, jika Anda tengah sakit, hentikan sementara pengggunaan lensa kontak. Jika Anda sudah dinyatakan sembuh total, barulah kembali menggunakannya dan disarankan untuk menggunakan lensa kontak baru.

Berdasarkan paper CORE saat ini masih belum ada bukti ilmiah yang membuktikan memang terdapat peningkatan risiko seseorang terkena COVID-19 jika menggunakan lensa kontak. Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini kembali kepada kebiasaan kebersihan atau higienitas yang Anda terapkan setiap harinya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com