Dear Penulis, Gramedia Permudah Kirim Naskah dengan Cara Ini

Bisnis

Dear Penulis, Gramedia Permudah Kirim Naskah dengan Cara Ini

Jika Anda merupakan orang yang ingin menjadi penulis baik itu fiksi atau non-fiksi dan memiliki sebuah naskah yang ingin dipublikasikan di tengah pendemi COVID-19 ini maka Anda akan merasa kebingungan. Pasalnya dalam kondisi semua perusahaan, mungkin penerbit juga termasuk, sedang menjalani Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah, Anda bingung ke mana naskah ini harus dikirimkan. Ternyata pihak Gramedia telah mempersiapkan situasi seperti ini sehingga mampu mempermudah menghubungkan penulis dengan pihak penerbit.

Gramedia menjawab hal ini dengan menerapkan sistem baru yang dinamakan Digital Publishing System. Di mana sistem ini bekerja layaknya portal yang menjadi jembatan antara penulis yang memiliki naskah dengan penerbit yang tergabung ke dalam Kompas Gramedia. Digital Publishing System sendiri disebut menggantikan cara lama pengiriman naskah dari penulis kepada penerbit yang acap kali membutuhkan waktu lama. Bahkan sistem ini juga disinyalir sangat membantu penerbit tetap melacak naskah-naskah yang masuk.

Dear Penulis, Gramedia Permudah Kirim Naskah dengan Cara Ini

“Digital Publishing System sebenarnya adalah sebagai pintu masuk naskah dari pengarang ke penerbit yang ada di Kompas Gramedia, salah satu adalah penerbit KPG. Jadi buat teman-teman semua yang mau kirimkan naskah ke KPG, sekarang bisa, caranya dengan bikin akun di Digital Publishing System. Alamatnya adalah dps.gramedia.com,” ucap Assistant Project Coordinator Gramedia DPS Novia Anindhita Putri dalam Bincang Naskah: Sistem Kirim Naskah Gramedia di YouTube (7/4/2020).

Novia melanjutkan, kehadiran Digital Publishing System Gramedia menggantikan pengiriman naskah penulis yang dulu melalui email atau langsung mengirimkannya ke kantor pusat Kompas Gramedia. Dengan portal ini maka penulis cukup mengirimkan atau mengunggah naskahnya sekali dan bisa dikirimkan ke satu penerbit atau semua penerbit di grup Gramedia seperti GPU, Elex Media Komputindo, Grasindo, KPG, M&C!, dan BIP.

[Baca Juga: Gramedia Kampanye #bacadimanasaja untuk Tingkatkan Literasi]

Selain itu, terdapat kelebihan lain dengan sistem ini yang membuat penulis dapat melihat bagaimana perkembangan dari naskah tersebut di tangan penerbit hingga peluang menerbitkannya dalam bentuk ebook. Anda seorang penulis yang memiliki naskah dan ingin mencoba Digital Publishing System Gramedia ini? Caranya pun terbilang sederhana!

Seperti yang sudah dijelaskan Novia, Anda hanya masuk ke laman dps.gramedia.com, lalu pilih fitur Register di bagian atas. Seperti media sosial, Anda membuat akun dengan memasukkan email serta kata sandi yang diinginkan. Kemudian aktivasi akun tersebut dengan mengecek Inbox di email yang didaftarkan dan klik aktivasi yang mengarahkan Anda kembali ke laman Digital Publishing System Gramedia.

Dear Penulis, Gramedia Permudah Kirim Naskah dengan Cara Ini

Setelah berhasil memiliki akun, Anda tinggal login dan mulai mengisi semua identitas diri. Jika semua sudah masuk datanya maka Anda sudah mulai bisa memilih penerbit yang dituju dengan bidang dari naskah yang ingin dikirimkan. Jika ingin lebih dari satu penerbit maka Anda tinggal menggunakan fitur Tambah. Lalu pilih lanjutkan dan mulai memasukkan judul serta sinopsis dari naskah yang akan dikirimkan dan mengunggahnya atau upload.

Kemudian setelah selesai, Anda akan diminta mengisi data naskah, seperti tambah pengarang jika memang ada lebih dari satu penulis, lalu segmen pembacanya, selling point apa dari naskah tersebut, dan kata kuncinya atau keyword. Dari sini Anda tinggal memantau “perjalanan” naskah tersebut di penerbit.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Info lanjut ? langsung hubungi CS nya

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com