Dear Warga Jakarta Barat, Ini Pesan Sudin Kesehatan Terkait Antisipasi Corona

Kesehatan

Dear Warga Jakarta Barat, Ini Pesan Sudin Kesehatan Terkait Virus Corona

Dengan masuknya Virus Corona ke Indonesia, tak ayal langsung memicu rasa kekhawatiran. Apalagi ini terjadi di wilayah Jabodetabek usai seorang warga negara Jepang menyebarkannya setelah melakukan kontak dengan warga Depok.

Hal ini pun membuat banyak warga yang memutuskan untuk ramai-ramai membeli masker serta hand sanitizer karena takut terpapar. Menurut Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat, hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan dan lebih baik fokus untuk menjaga kesehatan diri saja.

Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi

Berdasarkan data dari corona.jakarta.go.id yang diambil dari 21 Januari 2020 hingga 8 Maret 2020, terdapat dua kategori yang dipantau terkait suspect pasien virus Corona. Ada ODP atau orang dalam pemantauan yang memiliki riwayat pergi ke negara terjangkit virus Corona atau pernah berkontak dengan pasien Covid-19 dengan ciri mengalami gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan.

Kemudian ada Pasien dalam pengawasan atau PDP yang memang terjangkit demam tinggi lebih dari 38 derajat celsius disertai batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sampai radang paru-paru dan diketahui memang memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau berkontak dengan pasien Covid-19.

[Baca Juga: Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona]

Berdasarkan data di atas, di Jakarta Barat sendiri terhitung ada sekitar 71 orang yang masuk ke dalam kategori ODP dan PDP. Namun yang perlu dicatat adalah para pasien yang masuk kedua kategori ini masih belum tentu positif terjangkit virus Corona. Oleh karena itulah menurut Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Barat Kristi Wathini, alih-alih berfokus kepada penyebaran, ada baiknya masyarakat lebih memperhatikan kesehatan serta sanitasi diri.

“Kita sudah sosialisasi tidak boleh panik, tidak boleh stres, pokoknya harus merubah gaya hidup jadi Germas ya (atau) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kemudian kita lakukan banyak imbauan-imbauan seperti cuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas, kemudian mengenai etika batuk, dan pemakaian masker bagi yang sakit,” sebutnya kepada PingPoint.co.id di kantor Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan No.2 Blok B Lantai 3, Jakarta Barat (9/3/2020).

Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi

Sekadar informasi, Germas yang saat ini banyak digaungkan oleh otoritas kesehatan serta pemerintahan terdiri dari 10 hal yang bisa dilakukan Anda.

  1. Makan dengan gizi yang seimbang
  2. Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam
  3. Rajin olahraga dan istirahat cukup
  4. Minum air mineral delapan gelas per hari
  5. Cuci tangan menggunakan sabun
  6. Makan makanan yang dimasak sempurna
  7. Hindari makan daging hewan yang berpotensi menularkan penyakit
  8. Jaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
  9. Bila demam dan sesak napas segera kunjungi fasilitas kesehatan
  10. Tidak merokok

[Baca Juga: Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi]

Kasudin Kesehatan Jakarta Barat itu juga menyebut, jika Anda merasa tidak enak badan atau curiga terkena paparan virus Corona maka jangan ragu untuk datang ke klinik atau puskesmas terdekat. Bila Anda dicurigai terkena Corona maka tidak perlu panik, karena Anda akan diarahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng yang disebut pada pekan ini akan memiliki fasilitas untuk isolasi pasien suspect Covid-19.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.