Dekopinda Kota Bandung Harus Bina Koperasi Jadi Lebih Berkualitas

Bisnis

Dekopinda Kota Bandung Harus Bina Koperasi Jadi Lebih Berkualitas

Dari 7.000 Koperasi yang tercatat di Kota Bandung, hanya 700 atau 10% saja Koperasi yang memiliki pengelolaan yang sehat dan baik. Supaya bisa sampai level berkualitas, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung harus membina koperasi lebih keras lagi.

"Dekopinda harus menemukan rumus jitu untuk bagaimana menggenjot, membina, dan mengembangkan UMKM, tidak hanya produktif tapi sampai pada level yang berkualitas," pinta Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) Dekopinda Kota Bandung di Gedung Dekopinwil Jalan Soekarno-Hatta pada 15 November 2020.

Dekopinda Kota Bandung Harus Bina Koperasi Jadi Lebih Berkualitas

Wali kota mengungkapkan, sesuai dengan aturan, Dekopinda memang bertugas untuk membina dan mengembangkan kemampuan koperasi sebagai pelaku ekonomi. Sedangkan salah satu tujuan terselenggaranya Musda adalah, untuk menentukan dan menetapkan jajaran kepengurusan Dekopinda Kota Bandung yang baru.

“Mang Oded berharap dengan kepengurusan yang baru dapat membawa Dekopinda Kota Bandung bisa mengemban tugasnya dengan jauh lebih baik lagi. Terutama untuk membina UMKM di Kota Bandung dengan inovasi inovasi terbaik,” tutur wali kota yang akrab disapa Mang Oded ini seperti diberitakan humas.bandung.go.id (26/11/2020).

[Baca Juga: Ini Pandangan Wali Kota Bandung Tentang RUU Minol]

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno mengatakan, lembaganya hadir sebagai mitra pemerintah. Oleh karenanya, pihaknya terus berkolaborasi dengan pemerintah melalui Dinas UMKM Kota Bandung.

"Kita terus berupaya dalam menampung dan mengkaji aspirasi tentang kebutuhan-kebutuhan UMKM. Baik dalam segi pembinaan dan peningkatan skill. Melalui diklat atau workshop hingga bantuan dalam hal permodalan usaha," ujarnya. Namun ia mengakui, di era yang semakin kompetitif ditambah dengan pandemi COVID-19 membuat iklim usaha terganggu. Sehingga tantangan bagi pelaku usaha semakin berat.

[Baca Juga: Dinas Koperasi & UKM Kota Bekasi Gelar Road Show Bazar UMKM]

Melihat kondisi yang ada saat ini, salah satu anggota Jaringan Usaha Koperasi (JUK) sekaligus penggiat usaha Koperasi, Erik Permana berharap, Musda kali ini dapat menciptakan suatu iklim yang mendorong koperasi di Kota Bandung bersatu dan bersinergi.

“Dengan situasi dan kondisi yang sulit karena pandemi seperti saat ini, kami mengharapkan Dekopinda melalui hasil Musda ini bisa lebih memberikan pembinaan yang baik bagi UMKM maupun koperasi. Sehingga ke depan bisa lebih bersatu dan bersinergi jauh lebih baik lagi,” ucap Erik.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.