Dekrasnasda Jaksel Gelar Produk Unggulan Kerajinan Tangan

Berita Kawasan

Dekrasnasda Jakarta Selatan Gelar Produk Unggulan Kerajinan Tangan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) merupakan wadah bagi pengrajin serta pengusaha kerajinan tangan DKI Jakarta untuk membina dan mengembangkan kerajinan sebagai salah satu upaya pelestarian budaya bangsa. Banyak kegiatan yang dilakukan Dekranasda untuk melestarikan kerajinan tangan. Kali ini, Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar Produk Unggulan hasil kerajinan tangan di Pasar Raya Blok M yang berlangsung selama tiga hari pada 11-13 November 2019.

Dalam sambutannya, Fery Farhati Ganis mengatakan kegiatan ini digelar di seluruh wilayah kota/kabupaten DKI Jakarta. Melansir laman selatan.jakarta.go.id (12/11/2109). Dekranasda Jakarta Selatan berkesempatan menggelar produk unggulan hasil kerajinan tangan. "Tujuannnya ingin memberi wadah bagi perajin-perajin di Jakarta Selatan untuk bisa menampilkan produk-produknya," katanya.

[Baca Juga: Berburu Kerajinan Tangan Indonesia di CRAFINA 2018]

Fery berharap dari kegiatan tersebut, para pengrajin dapat naik kelas. "Jadi setiap tahun akan ada gelar produk sebagai puncak dari apa yang sudah dikerjakan selama setahun di wilayah kemudian produk-produk terpilih atau unggulan diberi wadah untuk tampil," ucapnya. Kegiatan Produk Unggulan di Pasar Raya Blok M juga dimeriahkan dengan penampilan fashion show yang diperagakan para anggota Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Selatan Komariah Marullah menjelaskan perihal tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut. Ia mengatakan, selain memberikan wadah bagi para pengrajin, tujuan lainnya adalah untuk mempromosikan dan membangkitkan kreasi pengrajin di Jakarta Selatan. "Terima kasih kepada Dekranasda DKI Jakarta yang mensupport kegiatan ini. Ini merupakan salah satu upaya Dekranasda Jaksel dalam memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka," ucap Komariah.

[Baca Juga: Yuk, Datang ke Pameran IKM di Kantor Wali Kota Jakarta Barat!]

Salah satu pengrajin batik, Riana Kusuma berterima kasih kepada Dekranasda Provinsi DKI Jakarta atas tersenggalarakannya kegiatan itu. Menurutnya, dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat menjadi sarana bagi para pelaku usaha pengrajin untuk memasarkan produk unggulannya.

"Harapan saya sebagai usaha kecil menengah agar membangkitkan lagi jiwa nasionalisme dan rakyat harus bersama-sama memakai kain batik, tenun dan masyarakat jakarta bisa melihat kerajinan yang kita buat," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.