Delapan Negara akan Tampilkan Seni Tari dan Musik di JIFF 2019

Hobi dan Hiburan

Delapan Negara akan Tampilkan Seni Tari dan Musik di JIFF 2019

Jakarta International Folklore Festival (JIFF) merupakan kegiatan yang menampilkan seni dan budaya dari delapan negara yakni, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Brunei Darussalam, Vietnam dan Ukraina. Sebanyak 28 grup dari delapan negara tersebut akan menampilkan seni tari dan musik dari negaranya masing-masing. JIFF 2019 ini akan diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, mulai 13-15 September 2019.

Melansir laman beritajakarta.id (13/09/2019) Kepala Bidang Seni Budaya Disparbud DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan, sesuai tema JIFF 2019, Friendship Through The Spirit of Unity, acara ini ingin menebarkan semangat saling pengertian serta perdamaian di dunia melalui seni dan budaya. Acara yang digelar selama tiga hari ini akan menjadi media pertukaran informasi, budaya, dan persahabatan lintas negara maupun daerah.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

"JIFF 2019 ini menjadi upaya kita untuk merajut persahabatan dengan negara-negara di dunia dalam menghadirkan seni budaya tradisional sebagai bentuk penghargaan dan perlindungan budaya dunia," ujarnya. Gumilar mengajak masyarakat untuk menyaksikan pesta seni budaya dari berbagai negara. JIFF 2019 akan dimulai pukul 19.00-23.00 WIB dan diprediksi dihadiri 10 ribu wisatawan setiap harinya. Siapa pun bisa datang ke JIFF 2019 dan tidak dipungut biaya masuk.

Dirinya menjelaskan tujuan diselenggarakannya JIFF 2019 ini sebagai upaya untuk mempromosikan seni tradisi Indonesia melalui pentas seni dunia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya. "Kita ingin menggairahkan pentas-pentas seni budaya yang ada di nusantara. Saat ini, pertunjukan seni tradisi sedang mendapat perhatian yang cukup besar di kancah internasional," ungkapnya.

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Sementara itu, Festival Director JIFF 2019 Maria Darmaningsih menuturkan, bumi nusantara menyimpan keberagaman dan keanekaragaman seni dan budaya khususnya Jakarta. Melalui JIFF 2019 ini, keragaman seni dan budaya di Indonesia harus dikenalkan kepada dunia.

Ia menerangkan, selain penampilan seni tari dan seni musik, acara ini juga diisi dengan berbagai pameran hingga workshop seni tradisi dunia yang menghadirkan pembicara dan praktisi seni internasional. "JIFF hadir untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya tak benda ini kepada masyarakat dan generasi milenial dengan kemasan festival yang menarik," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.