Delapan Negara akan Tampilkan Seni Tari dan Musik di JIFF 2019

Hobi dan Hiburan

Delapan Negara akan Tampilkan Seni Tari dan Musik di JIFF 2019

Jakarta International Folklore Festival (JIFF) merupakan kegiatan yang menampilkan seni dan budaya dari delapan negara yakni, Indonesia, Kamboja, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Brunei Darussalam, Vietnam dan Ukraina. Sebanyak 28 grup dari delapan negara tersebut akan menampilkan seni tari dan musik dari negaranya masing-masing. JIFF 2019 ini akan diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, mulai 13-15 September 2019.

Melansir laman beritajakarta.id (13/09/2019) Kepala Bidang Seni Budaya Disparbud DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengatakan, sesuai tema JIFF 2019, Friendship Through The Spirit of Unity, acara ini ingin menebarkan semangat saling pengertian serta perdamaian di dunia melalui seni dan budaya. Acara yang digelar selama tiga hari ini akan menjadi media pertukaran informasi, budaya, dan persahabatan lintas negara maupun daerah.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

"JIFF 2019 ini menjadi upaya kita untuk merajut persahabatan dengan negara-negara di dunia dalam menghadirkan seni budaya tradisional sebagai bentuk penghargaan dan perlindungan budaya dunia," ujarnya. Gumilar mengajak masyarakat untuk menyaksikan pesta seni budaya dari berbagai negara. JIFF 2019 akan dimulai pukul 19.00-23.00 WIB dan diprediksi dihadiri 10 ribu wisatawan setiap harinya. Siapa pun bisa datang ke JIFF 2019 dan tidak dipungut biaya masuk.

Dirinya menjelaskan tujuan diselenggarakannya JIFF 2019 ini sebagai upaya untuk mempromosikan seni tradisi Indonesia melalui pentas seni dunia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan seni dan budaya. "Kita ingin menggairahkan pentas-pentas seni budaya yang ada di nusantara. Saat ini, pertunjukan seni tradisi sedang mendapat perhatian yang cukup besar di kancah internasional," ungkapnya.

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Sementara itu, Festival Director JIFF 2019 Maria Darmaningsih menuturkan, bumi nusantara menyimpan keberagaman dan keanekaragaman seni dan budaya khususnya Jakarta. Melalui JIFF 2019 ini, keragaman seni dan budaya di Indonesia harus dikenalkan kepada dunia.

Ia menerangkan, selain penampilan seni tari dan seni musik, acara ini juga diisi dengan berbagai pameran hingga workshop seni tradisi dunia yang menghadirkan pembicara dan praktisi seni internasional. "JIFF hadir untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya tak benda ini kepada masyarakat dan generasi milenial dengan kemasan festival yang menarik," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.