Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Berita Kawasan

Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Permasalahan kabel-kabel yang terlihat semrawut di jalanan berbagai kota juga turut dirasakan di Kota Hujan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun memutuskan untuk menggodok rencana untuk menangani masalah tersebut. Solusi yang sudah dipertimbangkan adalah menggunakan sistem ducting utilitas, yakni dengan memindahkan jaringan kabel-kabel yang biasanya menggantung di atas tiang ke bawah tanah.

Rencana penerapan sistem ini dibahas Pemkot Bogor saat Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim bertemu dengan perwakilan dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa infrastruktur telekomunikasi, PT Moratelindo, di Balai Kota Bogor pada 3 September 2019. Di pertemuan tersebut, Dedie tak hanya mempertimbangkan kabel telekomunikasi saja yang dipindahkan ke bawah tanah tapi akan digabung dengan jaringan listrik serta gas.

Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Salah satu pertimbangan penggunaan ducting utilitas terhadap kabel-kabel yang ada di Kota Hujan adalah citra negatif yang dipicu dari kabel tersebut. “Kabel yang berada d atas selain mengurangi estetika kota, terkadang membahayakan pengguna jalan ketika melintang, terputus atau pun terjadi permasalahan. Kabel-kabel jaringan atas yang sering ditemukan melintang terjuntai ke jalan raya banyak dikeluhkan warga,” ucap Wakil Wali Kota Bogor, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (5/9/2019).

[Baca Juga: DLH Kota Bogor Wajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori]

Penerapan sistem ducting utilitas sebenarnya dipandang lebih positif dibandingkan jaringan kabel utilitas pada umumnya yang menggantung di tiang-tiang di pinggir jalan. Contohnya adalah kabel yang ditanam di bawah tanah dapat meminimalisir gangguan terhadap kepada para warga. Pasalnya, acap kali jaringan kabel konvensional dari tahun ke tahun akan mengalami pengenduran. Hal ini dapat memicu kabel-kabel itu terjuntai dan bisa saja menyebabkan insiden untuk para pengendara kendaraan bermotor.

Sebelum merealisasikan proyek ducting utilitas, hal pertama yang akan dilakukukan Pemkot Bogor adalah melakukan penertiban jangka pendek dengan cara penataan. Dedie menyebut, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap pihak yang menggunakan jaringan kabel-kabel konvensional yang ada di Kota Bogor.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Pantau Sejumlah Titik Setelah Listrik Padam]

“Untuk solusi jangka pendek, penataan kabel jaringan atas akan kami panggil pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk solusi jangka panjangnya, kita akan coba dengan menggunakan sistem penataan jaringan utilitas terpadu bawah tanah atau ducting utility,” ujar Dedie. Ia menambahkan, terkait sistem ducting utilitas, Pemkot Bogor masih akan mempelajarinya agar sesuai dengan peraturan serta undang-undang.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.