Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Berita Kawasan

Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Permasalahan kabel-kabel yang terlihat semrawut di jalanan berbagai kota juga turut dirasakan di Kota Hujan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun memutuskan untuk menggodok rencana untuk menangani masalah tersebut. Solusi yang sudah dipertimbangkan adalah menggunakan sistem ducting utilitas, yakni dengan memindahkan jaringan kabel-kabel yang biasanya menggantung di atas tiang ke bawah tanah.

Rencana penerapan sistem ini dibahas Pemkot Bogor saat Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim bertemu dengan perwakilan dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa infrastruktur telekomunikasi, PT Moratelindo, di Balai Kota Bogor pada 3 September 2019. Di pertemuan tersebut, Dedie tak hanya mempertimbangkan kabel telekomunikasi saja yang dipindahkan ke bawah tanah tapi akan digabung dengan jaringan listrik serta gas.

Demi Atasi Kesemwarutan Kabel, Pemkot Bogor Akan Terapkan Sistem Ini

Salah satu pertimbangan penggunaan ducting utilitas terhadap kabel-kabel yang ada di Kota Hujan adalah citra negatif yang dipicu dari kabel tersebut. “Kabel yang berada d atas selain mengurangi estetika kota, terkadang membahayakan pengguna jalan ketika melintang, terputus atau pun terjadi permasalahan. Kabel-kabel jaringan atas yang sering ditemukan melintang terjuntai ke jalan raya banyak dikeluhkan warga,” ucap Wakil Wali Kota Bogor, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (5/9/2019).

[Baca Juga: DLH Kota Bogor Wajibkan Pelaku Usaha Buat Lubang Biopori]

Penerapan sistem ducting utilitas sebenarnya dipandang lebih positif dibandingkan jaringan kabel utilitas pada umumnya yang menggantung di tiang-tiang di pinggir jalan. Contohnya adalah kabel yang ditanam di bawah tanah dapat meminimalisir gangguan terhadap kepada para warga. Pasalnya, acap kali jaringan kabel konvensional dari tahun ke tahun akan mengalami pengenduran. Hal ini dapat memicu kabel-kabel itu terjuntai dan bisa saja menyebabkan insiden untuk para pengendara kendaraan bermotor.

Sebelum merealisasikan proyek ducting utilitas, hal pertama yang akan dilakukukan Pemkot Bogor adalah melakukan penertiban jangka pendek dengan cara penataan. Dedie menyebut, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap pihak yang menggunakan jaringan kabel-kabel konvensional yang ada di Kota Bogor.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Pantau Sejumlah Titik Setelah Listrik Padam]

“Untuk solusi jangka pendek, penataan kabel jaringan atas akan kami panggil pihak-pihak terkait. Sedangkan untuk solusi jangka panjangnya, kita akan coba dengan menggunakan sistem penataan jaringan utilitas terpadu bawah tanah atau ducting utility,” ujar Dedie. Ia menambahkan, terkait sistem ducting utilitas, Pemkot Bogor masih akan mempelajarinya agar sesuai dengan peraturan serta undang-undang.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.