Demi Cuan, Ini Cara Hindari Investasi Bodong - Copy.jpg

Bisnis

Demi Cuan, Ini Cara Hindari Investasi Bodong

Bila mendengar istilah investasi, masyarakat pada umumnya hanya fokus pada emas, menabung atau menggunakan produk deposito, atau mungkin membeli tanah serta properti, Namun berkat ramainya literasi keuangan yang digaungkan berbagai lembaga keuangan hingga para influencer di media sosial, saat ini tak sedikit dari masyarakat yang memberanikan diri untuk berinvestasi di saham hingga kripto. Namun dengan iming-iming mendapatkan cuan, kerap kali netizen yang masih awam di literasi keuangan nekat berinvestasi di sesuatu yang mereka kurang pahami sepenuhnya dan biasanya inilah yang mendorong seseorang terjebak di dalam investasi bodong. Dalam mencegah ini, pada acara Doku Talk diundang para ahli di bidang literasi keuangan dan membahas cara menghindari investasi bodong.

Doku Talk sendiri merupakan platform diskusi literasi keuangan serta pasar modal di Tanah Air yang memang diadakan demi membantu publik mendapatkan informasi menganal hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Dalam edisi yang baru-bari ini digelar, Doku Talk membahas mengenai investasi bodong dan topik ini dipilih mengingat banyak masyarakat yang sudah terjebak di dalamnya. Hal ini terlihat dari data Satgas Waspada Investasi yang mencatat dalam kurun 10 tahun terakhir kerugian masyarakat akibat investasi bodong yang mencapai Rp117,5 triliun.

D emi Cuan, Ini Cara Hindari Investasi Bodong - Copy.jpg

Dalam dua tahun terakhir, investasi bodong juga terus membayangi publik yang mudah tergiur dari janji keuntungan yang cepat apalagi di masa pandemi COVID-19. “Belum lagi, hal ini didorong situasi pandemi, di mana banyak orang memiliki waktu luang dan harapan dari mereka untuk bisa mendapatkan keuntungan secara cepat. Pelaku ini kemudian memanfaatkan hal tersebut.

"Karena itu, untuk mencegah itu terjadi, masyarakat harus aware dengan imbauan Satgas Waspada Investasi dengan mengetahui 2L, legal-nya seperti apa, dan logis atau logika keuntungannya bagaimana?” ungkap Wealth Advisory Head PT Bank UOB Indonesia Diendy, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (18/5/2022).

[Baca Juga: Ini Tips Investasi di Tahun Macan Air ala Astra Life]

Menurut Diendy, faktor logika menjadi aspek penting menghindari investasi bodong. Ia menegaskan, Anda harus menyadari bahwa apakah imbal balik yang ditawarkan terbilang masuk akal dan bila masih tetap ingin mencoba maka aspek legalitas serta izin perusahaan yang menawarkan investasi itu harus diteliti secara seksama. Oleh karena itulah ia meminta Anda sebagai calon investor harus memiliki pola pikir yang kritis demi menghindari kerugian besar.

Hal senada disampaikan Chief Business Officer PT Moduit Digital Indonesia Stefanus Adi Utomo. Ia meminta agar publik lebih teliti untuk mengecek perusahaan atau aplikasi investasi yang akan digunakan dan ini bisa melalui laman Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. “Ini tidak kalah penting, para calon investor wajib mengetahui mengenai “profil risiko” dari investasi itu sendiri sebelum mengetahui jenis investasi apa saja yang sesuai untuk dirinya. Selain itu, calon investor harus juga mengedepankan dalam melihat rekam jejak dan pengalaman, serta izin dari tenaga pemasar agar bisa memberikan informasi yang akurat sesuai kebutuhan investor,” imbuh Stefanus.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.