sentra vaksinasiOK4.jpg

Berita Kawasan

Demi Efektivitas, Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi

Keadaan beberapa waktu mutakhir, gelombang lonjakan angka kasus COVID-19 seakan tak terbendung. Beberapa daerah mengalami lonjakan kenaikan yang sangat tinggi, termasuk di Kota Tangerang. Keadaan lonjakan yang terjadi tiba-tiba mendorong pemerintah kota (Pemkot) Tangerang melakukan beberapa langkah antisipasi baru.

Selain tetap memberlakukan aturan pembatasan aktivitas masyarakat, volume kuantitas vaksinasi juga dikejar di berbagai titik dengan mengajak kolaborasi beberapa pihak yang bersentuhan dengan masyarakat secara umum.

Namun, vaksinasi yang dilakukan sejauh ini dinilai masih terhambat beberapa problematika. Salah satunya adalah rumitnya persoalan birokrasi, persyaratan administrasi, dan akses layanan yang terbilang sulit membuat vaksinasi berjalan kurang efektif. Menyadari kelemahan tersebut, Pemkot Tangerang demi laju efektivitas vaksinasi, meluncurkan aplikasi pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat di Kota Tangerang.

Berbagai Lokasi Pusat Perbelanjaan Jadi Sentra Vaksinasi di Jakarta Pusat.jpg

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) aplikasi pendaftaran vaksinasi diluncurkan dengan tajuk vaksinasi.tangerangkota.go.id. Diharapkan melalui aplikasi baru tersebut dapat mempercepat program vaksinasi yang ditargetkan dapat sesegara mungkin mencapai 1.2 juta populasi atau sekitar 70 persen dari total penduduk Kota Tangerang.

“Dengan adanya aplikasi tersebut mudah-mudahan target vaksinasi COVID-19 di Kota Tangerang bisa terpenuhi. Sehingga Herd Immunity bisa terbentuk.” Ungkap Kepala Dinas Kominfo, Mulyani, dikutip dari rilis informasi resmi Pemkot Tangerang, Senin (21/6/2021).

[Baca Juga: Vaksinasi Massal 4.000 Vaksin, Kolaborasi Pemkab Tangerang dan UNIKA Atma Jaya BSD]

Menurutnya, peluncuran aplikasi ini diperuntukkan untuk mempermudah proses vaksinasi yang selama ini terhambat dengan birokrasi dan persyaratan administrasi. Peluncuran ini sekaligus menyasar penduduk yang kesulitan mengakses layanan vaksinasi secara langsung. Melalui aplikasi ini, pendaftaran dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat.

“Pendaftaran cukup mudah tinggal masuk link vaksinasi.tangerangkota.go.id, kemudian klik daftar dan isi formnya, kemudian tinggal tunggu notifikasi lewat Whatsapp. Warga juga bisa mengecek NIK-nya sudah terdaftar atau belum lewat link tersebut, termasuk jadwal vaksinasinya.” Lanjutnya.

Aplikasi tersebut terlebih menyasar penduduk berusia 18 tahun ke atas yang belum menerima vaksinasi atau vaksinasi dosis 2, sekaligus bagi penduduk yang tidak terdaftar dalam sasaran atau penerima Vaksin Gotong Royong, sebelumnya.

Lansia di Kota Bogor Bisa Ikut Vaksinasi Secara Drive Thru 1.jpg

Namun, sangat disayangkan, manfaat dari aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh masyarakat bertanda penduduk Kota Tangerang (ber-KTP Kota Tangerang). Kebijakan belum menyentuh masyarakat perantauan yang berdomisili di Kota Tangerang. Sedangkan mengingat, Kota Tangerang adalah salah satu wilayah yang menampung masyarakat pendatang dengan jumlah yang cukup besar.

Sejauh ini menurut keterangan yang diberikan, setelah aplikasi diluncurkan sejak Minggu (20/6/2021), terdapat 8521 warga Kota Tangerang yang sudah mendaftar sebagai calon penerima program vaksinasi.

Tentu, harapan Pemkot Tangerang angka tersebut akan terus naik seiring berjalannya waktu setelah aplikasi diluncurkan. Mengingat target angka penduduk yang tervaksin masih sangat jauh, dari 1.2 juta jiwa baru mencapai sekitar 200 ribuan yang sudah tervaksin sejauh ini.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Jessica 1 year, 7 months lalu
    jessica

    Ayo dukung tim favoritmu menjadi juara Euro Cup 2021 dan dapatkan bonus deposit 1jt hanya di bola165a.com