Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Mulai Bisa Dipesan Pekan Ini

Berita Kawasan

Demi Jaga Social Distancing, PT KAI Tiadakan Tarif Subsidi

Sejak memasuki masa pandemi, maka pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan untuk mengendalikan penyebaran COVID-19, termasuk dalam bidang transportasi. Oleh karena itu, Kementrian Perhubungan membuat aturan untuk memperketat persyaratan perjalanan di dalam transportasi publik.

Apalagi kereta api termasuk transportasi publik milik pemerintah yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Untuk itu, Kementrian Perhubungan mengeluarkan SE No. 4 Tahun 2021 yang berisi petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan transportasi perkeretapian dalam masa pandemi COVID-19 yang memuat hal tentang pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat mulai dari stasiun keberangkatan, selama perjalanan, sampai dengan stasiun kedatangan.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Protokol kesehatan yang wajib diterapkan dan dipatuhi adalah memakai masker, menjaga jarak (social distancing), dan mencuci tangan (3M). Untuk pemakaian masker, pihak PT Kereta Api (PT KAI) sejak memasuki bulan Ramadhan tahun ini telah menyediakan masker bagi para penumpang, yang sebelumnya hanya face shield. Sedangkan untuk tempat mencuci tangan juga telah disediakan di tempat- tempat yang mudah di jangkau di dalam stasiun kereta.

Lalu untuk penerapan jaga jarak, sudah diberlakukan sejak mengantri di peron untuk jaga jarak. Apalagi, untuk ruang tunggu, tempat duduk juga diatur sedemikian rupa biar bisa jaga jarak. Demikian keterangan Devi Gunawan salah satu penumpang yang disampaikan kepada tim redaksi PingPoint (3/5/20121) ketika dia berkunjung ke Semarang.

[Baca Juga: Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan]

Devi Gunawan menjadi pengguna jasa kereta api sudah sejak lama karena bisa dikatakan setiap akhir pekan dia harus bolak- balik Jakarta- Semarang. Hal ini lantaran Devi, biasa disapa, bekerja di Bekasi namun istri dan kedua anaknya tinggal di Semarang. Kondisi inilah yang menyebabkan Devi harus melakukan perjalanan ke Jakarta karena dia biasa menggunakan kereta api dan naik dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, untuk turun di Stasiun Tawang, Semarang.

Kemudian Devi menjelaskan kepada kami soal social distancing selama dalam perjalanan jika kondisi penumpang di dalam kereta hanya dibatasi 70% dari kapasitas setiap peron. “Walaupun ada juga kapasitas tempat duduk nam orang tetapi malah diisi lima orang. Yang penting secara umum kapasitas penumpang hanya 70% secara keseluruhan,” ujar bapak dua anak ini menambahkan.

Mulai 12 Mei, KAI Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Apakah pembatasan penumpang ini mempengaruhi harga tiket kereta api? Karena rasa penasaran, kami coba telusuri sendiri melalui laman resmi PT KAI melalui kolom cari dan pesan tiket. Ternyata hasil pecarian kami memang terjadi peningkatan harga tiket kereta sebelum masa pandemi.

Jika pengalaman kami sebelumnya membeli harga tiket kereta api Kertajaya Jurusan Jakarta- Semarang pada masa normal, bukan weekend, seharga Rp120.000 sekarang sudah naik menjadi Rp140.000-Rp200.000. Bahwa hasil temuan kami sesuai dengan yang Devi sampaikan jika sejak masa pandemi semua harga tiket menjadi harga normal untuk semua jenis kereta api, termasuk kereta api kelas ekonomi.

“Jika sebelum masa pandemi ada kereta subsidi, tentunya menjadi lebih mahal karena subsidi tidak berlaku,” ujarnya lagi sebelum menutup pembicaraan kami.


Read More

Artikel Lainnya

muatan sepeda motorOK3.jpg

Properti dan Solusi

9 Tips Bawa Barang dengan Sepeda Motor dari Yamaha Riding Academy

29 July 2021, 19:07

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara."

t5.jpg

Kuliner

5 Tempat Nongkrong yang Hits di Tangerang

29 July 2021, 18:08

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang yang hist dan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.


Comments


Please Login to leave a comment.