Demi Keamanan, Pemkot Jakarta Timur Terjunkan 200 Petugas Periksa Daging Kurban

Berita Kawasan

Demi Keamanan, Pemkot Jakarta Timur Terjunkan 200 Petugas Awasi Proses Kurban

Pemerintah Kota Jekarta Timur melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menerjunkan 200 petugas gabungan untuk melakukan pemeriksaan hewan dan daging kurban pada Jumat, 31 Juli 2020.

Para petugas ini disebar ke lokasi penyembelihan hewan kurban di 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur. Ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan umat Muslim yang akan berkurban dan mengonsumsi daging kurban dalam perayaan Iduladha ini.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur Irma Budiany mengatakan, 200 petugas gabungan ini berasal dari unsur Sudin KPKP, Satpel KPKP Kecamatan, Dinas KPKP, Kementerian Pertanian dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta.

Demi Keamanan, Pemkot Jakarta Timur Terjunkan 200 Petugas Periksa Daging Kurban

"Tahun ini kita kerahkan petugas gabungan di masing-masing kecamatan 20 personel. Ini untuk memeriksa hewan kurban saat sebelum disembelih dan setelah disembelih untuk memeriksa daging kurban," ujar Irma seperti dilansir dari beritajakarta.id (1/8/2020).

Menurutnya, jumlah tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban di Jakarta Timur saat ini juga kemungkinan berkurang sekitar 20-30 persen karena pandemi COVID 19. Tahun lalu jumlah penampungan hewan kurban ada 543 lokasi dan tempat pemotongan hewan kurbannya sebanyak 320 lokasi. Namun pada tahun ini tempat penampungan hewan sebanyak 358 dan tempat pemotongan sebanyak 215.

[Baca Juga: Parayaan Iduladha di Bandung Tertib dan Penuh Kehati-hatian]

"Kami imbau di tempat pemotongan hewan kurban yang tidak sempat didatangi petugas, agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. Ikuti anjuran yang telah kami berikan selama ini," tandas Irma.

Salah satu pemeriksaan hewan dan daging kurban yang dilakukan Petugas Sudin KPKP Jakarta Timur diadakan di Masjid At Tien. Pemeriksaan dilakukan saat hewan sebelum dipotong hingga setelah dipotong. Pemeriksaan meliputi seluruh bagian daging hingga jeroan. Hasilnya, petugas tidak menemukan daging maupun jeroan yang tidak layak konsumsi.

[Baca Juga: Pemkot Depok Izinkan Warganya Ibadah Iduladha 1441 H di Masjid]

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan, seluruh hewan dan daging kurban yang di Masjid At Tien dalam kondisi sehat dan layak konsumsi. "Alhamdulillah 23 sapi kurban di Masjid At Tien sehat dan proses penyembelihan juga sesuai prosedur," Irma menjelaskan.

Selain itu, sambung Irma, proses penyembelihan dan lokasi pemotongan hewan juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sekretaris Panitia Kurban Masjid At Tien, Zahrudin menambahkan daging kurban langsung dibagikan ke warga sekitar seperti di Kelurahan Ceger, Lubang Buaya, Bambu APUS, Dukuh, dan Pinang Ranti.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    QQHarian Merupakan Situs Game online QQ Slot Terbaru 2020 Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="QQ Slot Terbaru 2020" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>

  • Rine 2 years, 2 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan