Demi Kelancaran Idul Adha, Hewan Kurban di Depok Disidak

Berita Kawasan

Demi Kelancaran Iduladha, Hewan Kurban di Depok Disidak

Sekitar satu bulan lagi, umat Muslim di Indonesia akan menyambut hari raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Menjelang perayaan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) mulai melakukan persiapan untuk memastikan Iduladha berjalan lancar. Salah satu langkahnya adalah dengan menurunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan atau sidak terhadap hewan kurban.

Langkah preventif awal sebenarnya sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh para peternak, sidak DKPPP ini digelar guna melakukan sosialisasi serta pendataan. Selain itu, hewan-hewan kurban juga akan dipastikan kelayakannya untuk dikonsumsi.

Demi Kelancaran Idul Adha, Hewan Kurban di Depok Disidak

“Bulan Juni lalu peternak sudah melakukan vaksin antraks kepada hewan kurbannya masing-masing. Pertengahan bulan ini, giliran DKPPP yang akan turun ke lapangan guna melakukan pendataan,” tutur Kepala DKPPP Kota Depok Diah Sadiah, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (15/7/2019).

Terkait kesehatan, pihak DKPPP telah memiliki metodenya sendiri agar warga Depok bisa membeli hewan kurban yang memang sehat. Anda bisa mengetahuinya dari keberadaan pin yang diberikan DKPP Kota Depok kepada hewan-hewan yang lolos pemeriksaan kesehatan.

[Baca Juga: Pemberangkatan Pertama Tenaga Kesehatan Jemaah Haji]

“Beberapa hal yang harus diperiksa dari hewan kurban antara lain umur hewan, cacat atau tidak, berat badan hewan, penyakit mata, sakit kulit, orf (penyakit kulit di kambing serta domba), gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan. Kalau sudah memenuhi syarat dan tidak ada masalah, maka kami akan memberikan pin yang nantinya dikalungkan pada hewan kurban tersebut,” jelas Diah.

Diah melanjutkan, pin tersebut untuk memberikan kepercayaan kepada calon pembeli demi memastikan bahwa hewan kurban yang mereka beli memang bebas dari penyakit. “Selain pin, kita juga akan memberikan pedagang surat keterangan bahwa lapak sudah didatangi dan diperiksa oleh petugas kami,” ucapnya.

[Baca Juga: Kemudahan Pemesanan Akikah dan Kurban di Muslimapp]

Keberadaan surat keterangan ini sejalan dengan saran dari Kementerian Pertanian Indonesia mengenai pemilihan hewan kurban untuk masyarakat. Melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, institusi pemerintahan ini meminta masyarakat harus memastikan terlebih dahulu sebelum membeli hewan kurban mengenai keberadaan surat keterangan kesehatan hewan dari dinas terkait.

Selain kepada para peternak dan penjual hewan kurban, petugas DKPPP juga diturunkan untuk melakukan sosialisasi kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid, kecamatan, dan kelurahan. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka semua pihak dapat membantu dalam proses pembinaan untuk para pedagang hewan kurban.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.