Demi Kepercayaan Wisatawan, tiket.com dan Kemenparekraf Dorong Danau Toba Sertifikasi.jpg

Bisnis

Demi Kepercayaan Wisatawan, tiket.com dan Kemenparekraf Dorong Danau Toba Sertifikasi

Sejak pandemi COVID-19 ini membayangi Indonesia selama setahun terakhir, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya menggeliatkan kembali industri pariwisata Tanah Air yang terkena dampak wabah penyakit akibat virus Corona tersebut. Melalui solusi sertifikasi Clean, Healthy, Safety, and Environment atau CHESE, Kemenparekaf ingin menunjukkan bahwa lokasi wisata dengan sertifikasi itu aman untuk dikunjungi sehingga memulihkan kepercayaan wisatawan, khususnya yang berasal dari luar negeri. Baru-baru ini tiket.com dan Kemenparekraf sama-sama mendorong agar pengelola Danau Toba sekaligus penyedia jasa wisata dan akomodasi setempat mau untuk melakukan sertifikasi ini.

Dorongan ini disampaikan dalam momen acara diskusi yang digelar tiket.com dengan tema Optimizing Digital Marketing to Revive Tourism Industry & Socialization of the CHSE Certification Program atau Mengoptimalkan Pemasaran Digital untuk Menghidupkan Kembali Industri Pariwisata & Sosialisasi Program Sertifikasi CHSE. Di mana dalam focus group discussion yang digelar pada 6 Maret 2021 di Sumatera Utara ini, tiket.com turut menggandeng Kemenparekraf dan badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT).

Demi Kepercayaan Wisatawan, tiket.com dan Kemenparekraf Dorong Danau Toba Sertifikas i.jpg

Menurut tiket.com, kegiatan ini tak lepas dari tujuan perusahaan tersebut untuk mendukung pemulihan wisata di danau ikonik di Sumatera Utara itu. “Forum diskusi ini tidak hanya menjadi salah satu langkah nyata komitmen tiket.com untuk mendukung pemulihan pariwisata di salah satu Destinasi Super Prioritas Danau Toba, tetapi juga upaya berkelanjutan berasaskan kolaborasi bersama para regulator dan operator, sehingga dapat menemukan dan menjalankan solusi urgent,” ungkap Co-Founder sekaligus CMO tiket.com Garey Undarsa, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (8/3/2021).

[Baca Juga: Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia]

Solusi yang ditawarkan oleh Kemenparekraf serta tiket.com adalah pihak BPODT memastikan menjalankan program Indonesia CARE yang menjadi jaminan bahwa Danau Toba memang memiliki tempat wisata sekaligus akomodasinya yang benar-benar menjalankan protokol kesehatan dan sudah ada sertifikan CHSE. Menurut Kemenparekraf, sertifikasi CHSE sangatlah penting untuk kepercayaan wisatawan agar mau kembali berkunjung ke Danau Toba. Pihak BPODT pun mengamini hal tersebut.

“Walaupun Danau Toba termasuk zona hijau dengan mayoritas destinasi wisata alam terbuka, namun penerapan CHSE oleh para pelaku wisata dinilai penting agar wisatawan tetap aman saat berwisata. Selain itu, wisatawan juga harus patuh protokol kesehatan agar proses pemulihan industri pariwisata ini dapat membuahkan hasil,” tambah Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT Kemenparekraf Bambang Cahyo Murdoko.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.