Demi Kesehatan Psikis, Jangan Katakan 4 Hal Ini Kepada Perempuan

Kesehatan

Demi Kesehatan Psikis, Jangan Katakan 4 Hal Ini Kepada Perempuan

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan sejak tahun 2001 secara rutin mengadakan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan. Kampanye ini dilaksanakan sesuai namanya, agar masyarakat semakin paham dan mengetahui bentuk kekerasan terhadap perempuan. Namun tahukah Anda, kekerasan terhadap perempuan bukan hanya soal fisik tapi juga psikis atau psikologis.

Bahkan kerap kali, kekerasan jenis ini tak disadari pelaku, yang menyaksikan, bahkan korban sendiri. Kekerasan psikologis atau psikis merupakan tindakan yang bertujuan untuk merendahkan citra seorang perempuan, baik melalui kata-kata maupun perbuatan yang menekan emosi korban semisal ucapan yang menyakitkan, kata-kata kotor, bentakan, hinaan, atau ancaman seperti yang dilansir dari geolive.com (26/11/2019).

[Baca Juga: Cinta Laura Jadi Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak]

Maka dari itu, PingPoint.co.id merangkum beberapa perkataan atau pertanyaan yang tak sepatutnya ditanyakan ke perempuan karena bisa berdampak pada kesehatan psikologis.

Demi Kesehatan Psikis, Jangan Katakan 4 Hal Ini Kepada Perempuan

“Kapan Nikah?”

Pertanyaan ini sebaiknya jangan digunakan untuk berbasa-basi. Menanyakan hal ini berulang kali tentu membuat orang yang ditanya semakin tertekan dan merasa dikejar-kejar waktu untuk menikah hanya untuk memuaskan pertanyaan Anda yang tak begitu serius. Selain itu, pertanyaan ini juga membuat risih dan merusak suasana Anda. Biarkan orang tersebut dengan tenang menjalani hidupnya, mencari pasangan hidupnya, atau pun memilih pilihan hidupnya sendiri.

“Gendutan Ya?” atau “Kok Jerawatan, Kenapa Bisa?”

Saat reuni bersama teman-teman sekolah atau sedang berkunjung ke rumah saudara yang sudah lama tidak berjumpa, ada baiknya jangan lontarkan pertanyaan sensitif yang membahas mengenai tubuh. Percayalah, mereka menyayangi tubuhnya sendiri sehingga mengomentari bentuk tubuh seseorang sama sekali bukan urusan Anda apalagi itu tubuhnya sendiri. Tak ada yang tau jika orang tersebut sedang berjuang keras untuk mendapatkan bentuk tubuh atau wajah sesuai impiannya. Perkataan tersebut hanya membuatnya semakin kecewa dan tertekan.

Demi Kesehatan Psikis, Jangan Katakan 4 Hal Ini Kepada Perempuan

“Anaknya Kurus banget sih, Bun” atau “Kapan Punya Anak?”

Mempertanyakan kapan punya anak sama tak sama sekali membuat Anda semakin akrab. Jangan mempertanyakan pertanyaan yang sensitif jika Anda tak tau apa yang dialami seseorang. Apalagi mengomentari anak orang lain ke Ibu, padahal yang bertugas mengurus anak bukan hanya seorang ibu bukan? Namun juga ada kerja sama Ayah. Sayangnya, banyak orang yang justru menyalahkan sosok ibu atas kondisi anaknya.

“Yah…Kok Perempuan Sih?”

Bukan hanya laki-laki yang sering mengatakan hal ini, tak sering sesama perempuan pun sering merendahkan perempuan lainnya. Perkataan yang merendahkan kinerja perempuan sangatlah tidak bertanggung jawab. Padahal perempuan bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, misalnya ibu, istri, teman, karyawan, dan lainnya disaat yang bersamaan.

[Baca Juga: Simak Agenda Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan]

Itulah beberapa perkataan yang mungkin akan menyakiti psikologis seseorang. Maka dari itu, pastikan untuk memilah-milah pertanyaan lain seperti kegiatan atau hobi. Untuk berbasa-basi tak mesti membahas fisik atau pun menyamakan standar Anda dengan orang lain bukan?


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.