Demi Peningkatan SDM, Kemnaker Dirikan 1.000 BLK Komunitas.jpg

Bisnis

Demi Peningkatan SDM, Kemnaker Dirikan 1.000 BLK Komunitas

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah resmi melakukan peresmian Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Penerima Bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2019. Hal itu merupakan bentuk implementasi dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

BLK Komunitas sendiri ialah unit pelatihan kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas masyarakat sebagai bekal untuk mencari kerja atau swasta.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

Perlu diketahu, pembangunan BLK Komunitas ini merupakan salah satu program Kemnaker sejak tahun 2017. Pada saat itu, Kemnaker telah membangun BLK Komunitas sebanyak 50 lembaga dan bertambah di tahun 2018 menjadi 75 lembaga di seluruh wilayah Indonesia.

“Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan akses pelatihan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM di pondok pesantren, seminari, dhammsekha, dan pasaran di seluruh Indonesia," tutur Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, seperti yang dilansir dari Kominfo.go.id (12/3/2019).

[Baca Juga: Workshop Tempe Inovatif, Kenali Lebih Jauh Makanan Asli Indonesia]

Berbagai macam jenis bantuan diberikan Kemnaker, seperi pembangunan unit gedung workshop, peralatan pelatiham program pelatihan bagi peserta, instruktur, dan operasopnal kelembagaan.

Tak hanya itu, untuk kejuruan yang diimplementasikan di BLK Komunitas di antaranya teknik otomotif, teknik las, pengolahan hasil perikanan, pengolahan hasil pertanian, woodworking, teknologi informasi dan komunikasi, menjahit, refrigeration dan teknik listrik, Bahasa, serta industri kreatif.

Hanif berujar jika merealisasikan pendirian 1.000 BLK Komunitas, Kemnaker telah kerja sama dengan 500 lembaga yang telah terverifikasi memenuhi persyaratan.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

Rencananya, tahap kedua akan dilakukan pada Maret 2019. Anggaran dana untuk membangun 1.000 BLK Komunitas mencapai Rp1 triliun. Ada 70 persen dana pembangunan akan dicairkan dan sisanya akan diserahkan saat masa pembangunan telah selesai.

Hanif menambahkan, perjanjian kerja sama ini diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam komitmen nyata bagi komunitas masyarakat untuk ikut serta dan berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

Kecantikan dan Fashion

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

07 April 2020, 15:00

Brand Pomelo telah meluncurkan program khususnya yang ditujukan mendukung usaha penanganan pendemi COVID-19 di tiga negara.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Berita Kawasan

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

07 April 2020, 14:00

Demi memastikan penerapan social distancing, Plt Wali Kota Medan pun turun langsung ke lapangan dan tak segan membubarkan kerumunan warga.

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

07 April 2020, 13:00

Pemkot Semarang meringankan biaya PDAM dan menggratiskan retribusi PKL serta Rusunawa karena lemahnya perekonomian di tengah pandemi COVID-19

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

Kuliner

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

07 April 2020, 12:00

Fit Gourmet saat ini tengah mengalihkan fokusnya ke arah aksi sosial yang ditargetkan untuk para driver ojol dan tenaga medis.


Comments


Please Login to leave a comment.