Demi Peningkatan SDM, Kemnaker Dirikan 1.000 BLK Komunitas.jpg

Bisnis

Demi Peningkatan SDM, Kemnaker Dirikan 1.000 BLK Komunitas

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah resmi melakukan peresmian Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Penerima Bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2019. Hal itu merupakan bentuk implementasi dari kebijakan Presiden Joko Widodo dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

BLK Komunitas sendiri ialah unit pelatihan kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas masyarakat sebagai bekal untuk mencari kerja atau swasta.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

Perlu diketahu, pembangunan BLK Komunitas ini merupakan salah satu program Kemnaker sejak tahun 2017. Pada saat itu, Kemnaker telah membangun BLK Komunitas sebanyak 50 lembaga dan bertambah di tahun 2018 menjadi 75 lembaga di seluruh wilayah Indonesia.

“Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan akses pelatihan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas SDM di pondok pesantren, seminari, dhammsekha, dan pasaran di seluruh Indonesia," tutur Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, seperti yang dilansir dari Kominfo.go.id (12/3/2019).

[Baca Juga: Workshop Tempe Inovatif, Kenali Lebih Jauh Makanan Asli Indonesia]

Berbagai macam jenis bantuan diberikan Kemnaker, seperi pembangunan unit gedung workshop, peralatan pelatiham program pelatihan bagi peserta, instruktur, dan operasopnal kelembagaan.

Tak hanya itu, untuk kejuruan yang diimplementasikan di BLK Komunitas di antaranya teknik otomotif, teknik las, pengolahan hasil perikanan, pengolahan hasil pertanian, woodworking, teknologi informasi dan komunikasi, menjahit, refrigeration dan teknik listrik, Bahasa, serta industri kreatif.

Hanif berujar jika merealisasikan pendirian 1.000 BLK Komunitas, Kemnaker telah kerja sama dengan 500 lembaga yang telah terverifikasi memenuhi persyaratan.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

Rencananya, tahap kedua akan dilakukan pada Maret 2019. Anggaran dana untuk membangun 1.000 BLK Komunitas mencapai Rp1 triliun. Ada 70 persen dana pembangunan akan dicairkan dan sisanya akan diserahkan saat masa pembangunan telah selesai.

Hanif menambahkan, perjanjian kerja sama ini diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam komitmen nyata bagi komunitas masyarakat untuk ikut serta dan berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  7 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  6 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.