Denda Rp12 Milyar Menanti Bagi Pemalsu SIKM

Berita Kawasan

Denda Rp12 Milyar Menanti Bagi Pemalsu SIKM

SIKM atau Surat Izin Keluar Masuk wilayah DKI Jakarta menjadi barang penting di tengah pandemi COVID-19 yang melanda tanah air belakangan ini. Sebab, SIKM wajib dimiliki masyarakat baik yang ingin keluar maupun masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Adapun ketentuan SIKM telah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/Atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Permprov Wajibkan Surat Izin Keluar-Masuk Khusus Wilayah DKI]

Untuk mendapatkannya pun tidak mudah. Sebab hanya orang tertentu saja yang bisa mendapatkan SIKM seperti para pekerja yang tinggal di luar Jabodetabek namun bekerja di Jakarta. Kemudian para pekerja yang tinggal di luar Jabodetabek dan harus melakukan perjalanan dinas ke Jakarta serta terakhir adalah bagi warga dengan kebutuhan mendesak.

Masyarakat yang ingin mengajukan SIKM pun harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain mengumpulkan data diri, surat keterangan bekerja, surat tugas, serta surat jaminan kesehatan terbebas dari segala penyakit yang diketahui oleh keluarga, perusahaan dan Ketua RT setempat.

Senator Kebon Sirih Minta Perketat Mobilitas Keluar-Masuk Ibu Kota

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSPT) DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan, SIKM ini sangat sulit untuk dipalsukan. Sebab dalam prosesnya, surat akan berbentuk QR Code dalam file format PDF.

[Baca Juga: 2.898 Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta Dipaksa Putar Balik]

Bagi masyarakat yang yang nekat memalsukan SIKM ini kata Benni, maka akan dijerat dengan pasal tindak pidana dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Berdasarkan situs resmi corona.jakarta.go.id, warga yang memalsukan SIKM dapat dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun penjara. Mereka juga dapat dijerat Pasal 35 dan Pasal 51 Ayat 1 UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp 12 miliar.

"Kami ingatkan soal pemalsuan ada UU ITE ancaman 12 tahun, nggak main-main sanksinya apalagi kalau kami cek ketahuan. Makanya kita nyatakan jangan lakukan pemalsuan data dan lain-lain," ujar Benni dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (29/5/2020).

Sampai saat ini kata Benni, total ada sebanyak 6.347 masyarakat yang telah mengajukan permohonan SIKM. Dari jumlah tersebut, hanya 1.214 permohonan dinyatakan lolos dan mendapatkan SIKM sementara sisanya ditolak.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.