Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Musim hujan sudah dimulai. Beberapa hari terakhir, curah hujan yang meningkat mendorong Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mulai bersiap bersama aparat Pemerintah Kota dan Kabupten. Setelah beberapa kawasan tergenang akibat hujan pada Senin, 21 September 2020, hari ini berbagai pihak kembali meninjau persiapan menghadapi serangan banjir.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan. Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin terhadap 487 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi agar dapat beroperasi optimal. Selain itu ada 133 pompa mobile untuk bantuan jika diperlukan.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

"Saat ini kami sedang melakukan persiapan-persiapan, memang ada beberapa lokasi yang saat ini kami lakukan pemeliharaan rutin," ungkap Juaini seperti dilansir dari beritajakarta.id (22/9/2020). Juaini juga menginstruksikan petugas rumah pompa untuk selalu siaga 24 jam. Menurutnya, dengan kesiapan petugas rumah pompa di lapangan segala kemungkinan yang terjadi bisa segera ditanggulangi.

"Kami selalu kontrol sampai dimana kesiapan pompa-pompa maupun petugas di lapangan. Menghadapi musim penghujan ini petugas rumah pompa untuk selalu standby," tandas Juaini.

Cek Waduk Tiu

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar bersama jajarannya hari ini melakukan pengecekan ke Waduk Tiu, Kelurahan Setu, Cipayung dalam rangka antisipasi banjir. Selain Anwar, Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat, Asisten Ekbang Kusmanto, Kabag PKLH Yuswil Rasyid, Camat Cipayung Fajar Eko Satrio dan sejumlah pejabat terkait lainnya ikut dalam peninjauan.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Anwar mengatakan, kedepan pihaknya akan membangun sodetan sepanjang kurang lebih seratus meter, yakni dari Kali Sunter menuju Waduk Tiu. "Harapannya, sodetan ini bisa mengatasi banjir akibat luapan Kali Sunter," ujar Anwar masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Ini Cara Antisipasi Kebocoran Listrik Saat Banjir]

Dijelaskan Anwar, ketika debit air Kali Sunter tinggi, airnya bisa diparkir ke Waduk Tiu terlebih dulu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi penanggulangan banjir yang terjadi di sejumlah area bantaran Kali Sunter, seperti di Lubang Buaya, Cipinang Melayu, Pondok Bambu, Cipinang Indah dah sejumlah titik lainnya. "Selain itu, kami juga telah menormalisasi waduk, kali, saluran air mikro atau makro hingga pembuatan sodetan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasudin SDA Jakarta Timur Santo menambahkan, pembuatan sodetan Kali Sunter ke Waduk Tiu ini langsung dikerjakan mulai hari ini. Menurutnya, panjang sodetan ini kurang lebih seratus meter, lebar dan kedalamannya kurang lebih dua meter. "Nantinya sodetan ini akan dipasangi beton U-Dtich. Ditargetkan pengerjaan rampung dalam sepekan," tutup Santo.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Situs Slot Game Online Indonesia Terpercaya, Terfavorit , Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Link Alternatif Agen Slot Game Online Indonesia" rel="nofollow">Click Disini</a> ) guys.!!