Dengan Arahan Tepat, Anak dengan Autisme Bisa Kembangkan Bakat

Pendidikan

Dengan Arahan Tepat, Anak dengan Autisme Bisa Kembangkan Bakat

Autisme masih dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Ketidaktahuan masyarakat tentang sindroma ini sering berakhir dengan ejekan kepada para anak dengan autisme. Hal seperti itu yang akhirnya malah menyulitkan mereka untuk mengembangkan kemampuan layaknya manusia pada umumnya.

Padahal, para individu dengan autisme juga memiliki kemampuan yang dapat mereka kembangkan. Selain arahan yang tepat, faktor lingkungan sekitar juga memengaruhi tumbuh kembang anak dengan autisme itu sendiri.

[Baca Juga: Diet Kalsada, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme]

Seperti yang dikatakan praktisi anak dan pendiri Kids Coaching Jakarta & Sydney Grace Hartono, salah satu aset terbesar anak dengan autisme adalah ketekunan dalam melakukan sesuatu. Jika ketekunan tersebut diarahkan dalam satu bidang tertentu, bukan tidak mungkin para individu dengan autisme dapat meraih berbagai prestasi lewat kemampuannya.

Pengembangan potensi bagi anak dengan autisme juga sama seperti anak pada umumnya. Biasanya Grace merujuk pada Gardner 9 Kecerdasan untuk melihat potensi apa yang ada dalam diri si anak. Seperti misalnya, jika si anak memiliki sensitifitas terhadap bunyi-bunyian, maka anak tersebut bisa dengan mudah untuk mempelajari seni musik.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

“Semuanya tergantung dari sistem sensorik ya. Kalo dia sensorik auditorinya hypersensitif berarti dia punya potensi cepat belajar musik. Terus udah gitu kalau saya biasanya memakai Gardner 9 Kecerdasan,” tambah Grace.

Meski begitu, Grace mengatakan ada beberapa tahapan sebelum anak dengan autisme dapat mengembangkan potensinya. Grace biasanya terlebih dahulu memperbaiki prilaku si anak dengan menerapkan metode pengembangan karakter seperti mengajari anak untuk fokus, berkonsentrasi dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

[Baca Juga: Membuka Hati Jadi Kunci Dekatkan Diri ke Orang dengan Autisme]

Berikutnya adalah pengasahan karakter seperti misalnya penyiapan program untuk belajar. Lewat pengasahan karakter, Grace mencoba melihat sejauh mana anak dengan autisme berkonsentrasi terhadap suatu hal yang diajarkan. Setelah itu, barulah Grace memberikan konsep dasar untuk mengembangkan potensi kemampuan yang lain.

“Nah jadi kalau menurut saya semuanya harus diseimbangin. Gejalanya kita kurangi, kita tingkatkan fokus kemampuan belajarnya. Kemudian ketika dia bisa belajar lebih banyak, aspek-aspek itu kita kembangkan secara umum,” kata Grace yang telah menangani kurang lebih 1.000 anak berkebutuhan khusus ini.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.