Depicta 2019 Digelar untuk Dorong Branding Budaya Kota Depok

Berita Kawasan

Depicta 2019 Digelar untuk Dorong Branding Budaya Kota Depok

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali menggelar kompetisi Depok ICT Award atau Depicta 2019. Untuk tahun ini, kompetisi yang diadakan untuk mendorong kreativitas masyarakat Kota Depok untuk menghasilkan karya konten digital tersebut memiliki tema yang unik. Karena Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengambil tema mengenai kekayaan kebudayaan yang ada di Kota Belimbing yang kuat akan unsur kearifan lokal di Depok.

Tema mengenai kekayaan budaya ini disebut bertujuan untuk melakukan branding terhadap Kota Depok. Pasalnya, terdapat pandangan bahwa masih banyak masyarakat dari dalam dan luar Kota Depok yang belum mengenal identitas Kota Belimbing secara lebih dekat, khususnya dari sisi kebudayaannya.

Depicta 2019 Digelar untuk Dorong Branding Budaya Kota Depok

“Kota Depok merupakan salah satu kota percontohan gerakan 100 Smart City. Salah satu pilar Smart City adalah smart branding. Untuk itu kita ingin membentuk identitas Kota Depok dengan mengangkat budaya-budaya yang ada di sini agar semakin dikenal oleh masyarakat,” ujar Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kota Depok Shandy Syamsurizal Kriestiyadie, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (11/9/2019).

[Baca Juga: Lomba Berbasis Budaya Akan Meriahkan HUT Ke-20 Kota Depok]

Sekadar informasi, Lomba Depicta 2019 ditujukan untuk para desainer grafis untuk menciptakan desain vector bertajuk Rame-Rame Berbudaya. Sosialisasi mengenai lomba kompetisi ini sebenarnya sudah mulai diumumkan semenjak 24 Agustus 2019 dengan puluhan pesertanya yang diajak tur ke lokasi-lokasi yang dapat dijadikan objek untuk kompetisi pada 9 September 2019.

Lokasi yang dijadikan objek budaya untuk perlombaan ini pun ada banyak sehingga para peserta bisa memilih atau bahkan membuat infografik untuk semua lokasi. Objek budayanya terdiri dari Rumah Cimanggis, Bangunan Yayasan Lembaga Corneis Chastelein, Gereja Immanuel, Rumah Pendeta, Rumah Sakit Harapan Depok, Rumah Presiden Depok, Stasiun Depok Lama, Jembatan Panus, Tiang Telepon di Jalan Kartini, Sumur Bandung, Sumur Gondang, Sumur Tujuh Beji, Gong si Bolong, Tari Topeng Cisalak, Tari Rebut Dandang, Batik Depok, dan Dodol Depok.

[Baca Juga: Komunitas TGR Lestarikan Permainan Tradisional pada Hari Kartini]

Batas akhir pendaftaran Depicta 2019 adalah pada 13 September 2019 di laman depicta.depok.go.id (11/9/2019). Sedangkan batas akhir pengunggahan karyanya adalah pada 27 September 2019 dengan pengumuman 10 terbaiknya pada 7 Oktober 2019 dan acara puncak untuk menentukan pemenangnya pada 12 Oktober 2019 dengan total hadiahnya senilai Rp24.000.000.

Pihak Diskominfo Kota Depok berharap, dengan kompetisi ini maka budaya di Kota Belimbing akan menjangkau masyarakat lebih luas lagi. “Semoga dengan lomba ini, budaya Depok lebih dikenal oleh masyarakat,” pungkas Shandy.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.