Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Berita Kawasan

Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Agar dapat mencegah bau sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan tercium ke wilayah lain, Pemerintah Kota Depok membebaskan lahan seluas 7.9 hektare sebagai perluasan daerah penyangga atau buffer zone. Saat ini lahan tersebut sudah rampung tapi masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Wali Kota Depok Mohammad Idris baru saja melihat langsung lahan yang akan dijadikan buffer zone. “Sekarang saya ingin melihat lebih jelas lagi di mana posisinya dan bagaimana garis kontur tanahnya, untuk bahan kajian terkait perencanaan selanjutnya, apa saja yang bisa ditata di sini,” sebut Idris seperti dilansir dari depok.go.id (21/2/2020).

Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) TPA Cipayung Ardan Kurniawan, di buffer zone nanti akan ditanam pohon yang dapat membantu menyerap udara, sehingga bau sampah dari TPA Cipayung tidak akan tercium oleh warga.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Keadaan buffer zone sebenarnya tertuang pada UU PU Nomor 3 Tahun 2014 yang berbunyi, TPA harus memiliki jarak antara TPA dengan pemukiman warga. Apalagi jika TPA baru, harus dibuat jarak setidaknya satu kilometer dari pemukiman warga. Namun jika TPA-nya sudah lama, maka bisa melewati proses rehabilitasi dengan wilayah buffer zone.

Menurut Ardan, saat ini TPA Cipayung baru memiliki buffer zone pada bagian Selatan atau pada wilayah Pasir Putih, Sawangan, Depok. Ke depannya, buffer zone akan mengelilingi lokasi TPA Cipayung atau berada pada sisi Barat dan juga Timur.

[Baca Juga: LPS Kebon Kosong Terapkan Sistem Pengolahan Sampah]

“Tahap selanjutnya kita akan mengusulkan kepada pihak provinsi dan pihak terkait agar lokasi ini dapat menjadi pusat taman hutan kota. Jadi, ini bukan untuk pembuangan sampah. Karena untuk pembuangan sampah kita sudah punya jatah di TPA Nambo yang ada di kawasan Gunung Leutik, Kabupaten Bogor,” ujar Idris.

Idris menambahkan, rencananya di lahan buffer zone tersebut akan dibuat jogging track untuk masyarakat, Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau penghalang lainnya agar bau sampah dapat terserap. “Jadi, saya tegaskan sekali lagi bahwa buffer zone ini bukan untuk pembuangan sampah tetapi sebagai daerah penyangga,” kata Idris.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.