Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Berita Kawasan

Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Agar dapat mencegah bau sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan tercium ke wilayah lain, Pemerintah Kota Depok membebaskan lahan seluas 7.9 hektare sebagai perluasan daerah penyangga atau buffer zone. Saat ini lahan tersebut sudah rampung tapi masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

Wali Kota Depok Mohammad Idris baru saja melihat langsung lahan yang akan dijadikan buffer zone. “Sekarang saya ingin melihat lebih jelas lagi di mana posisinya dan bagaimana garis kontur tanahnya, untuk bahan kajian terkait perencanaan selanjutnya, apa saja yang bisa ditata di sini,” sebut Idris seperti dilansir dari depok.go.id (21/2/2020).

Depok Akan Buat Ruang Terbuka Hijau di Buffer Zone TPA Cipayung

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) TPA Cipayung Ardan Kurniawan, di buffer zone nanti akan ditanam pohon yang dapat membantu menyerap udara, sehingga bau sampah dari TPA Cipayung tidak akan tercium oleh warga.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Keadaan buffer zone sebenarnya tertuang pada UU PU Nomor 3 Tahun 2014 yang berbunyi, TPA harus memiliki jarak antara TPA dengan pemukiman warga. Apalagi jika TPA baru, harus dibuat jarak setidaknya satu kilometer dari pemukiman warga. Namun jika TPA-nya sudah lama, maka bisa melewati proses rehabilitasi dengan wilayah buffer zone.

Menurut Ardan, saat ini TPA Cipayung baru memiliki buffer zone pada bagian Selatan atau pada wilayah Pasir Putih, Sawangan, Depok. Ke depannya, buffer zone akan mengelilingi lokasi TPA Cipayung atau berada pada sisi Barat dan juga Timur.

[Baca Juga: LPS Kebon Kosong Terapkan Sistem Pengolahan Sampah]

“Tahap selanjutnya kita akan mengusulkan kepada pihak provinsi dan pihak terkait agar lokasi ini dapat menjadi pusat taman hutan kota. Jadi, ini bukan untuk pembuangan sampah. Karena untuk pembuangan sampah kita sudah punya jatah di TPA Nambo yang ada di kawasan Gunung Leutik, Kabupaten Bogor,” ujar Idris.

Idris menambahkan, rencananya di lahan buffer zone tersebut akan dibuat jogging track untuk masyarakat, Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau penghalang lainnya agar bau sampah dapat terserap. “Jadi, saya tegaskan sekali lagi bahwa buffer zone ini bukan untuk pembuangan sampah tetapi sebagai daerah penyangga,” kata Idris.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.