Depok Belum Memberlakukan Aturan Ganjil Genap dalam Waktu Dekat.jpg

Berita Kawasan

Depok Belum Berlakukan Aturan Ganjil Genap dalam Waktu Dekat

Sebagai kota penyangga ibu kota, arus lalu lintas di Kota Depok kian padat dan telah lama dikeluhakan warganya. Padatnya arus lalu lintas itu khususnya kerap kali terjadi di ruas Jalan Raya Margonda, Jalan Dewi Sartika, Jalan Kartini, dan Jalan Siliwangi.

Berbagai cara telah dilakukan demi mengurangi kemacetan, namun belum ada yang benar-benar berhasil. Malah, makin hari volume kendaraan semakin bertambah, tanpa diiringi perluasan ruas jalan atau tidak ditambah.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Terkait aturan ganjil-genap, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, informasi pemberlakukan aturan ganjil-genap di Jalan Raya Margonda pada 17 April 2019 adalah tidak benar. Ia juga menegaskan, kebijakan tersebut sudah dikaji secara akademis. Namun, belum akan diterapkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam waktu dekat.

[Baca Juga: Mengulas Komunitas Pecinta Anjing di Kota Depok]

“Dalam membuat sebuah kebijakan itu perlu ada proses, melibatkan lintas pemangku kepentingan. Terlebih, Jalan Raya Margonda kewenangannya terbagi-bagi. Ada yang menjadi kewenangan pusat, provinsi dan kota,” katanya sepeerti dikutip dari depok.go.id (15/3/2019).

Depok Belum Berlakukan Ganjil Genap di Margonda dalam Waktu Dekat

Dikatakannya, hingga kini BPTJ dan Dishub Kota Depok belum berkoordinasi secara resmi. Namun, sebelum koordinasi pihaknya harus menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak terkait. Dengan begitu, pihaknya belum memutuskan ada penetapan kapan waktu penerapan aturan ganjil-genap.

“Karena memang belum ada penetapan kapan pelaksanaannya. Banyak tahapan yang harus dilewati dalam perumusan kebijakan publik,” lanjut Dadang.

[Baca Juga: Bangunan Tua di Margo City Jadi Saksi Sejarah Depok]

Untuk itu, kata Dadang, Dishub berharap masyarakat tidak mudah terpancing. Menurutnya, setiap usulan dari masyarakat akan ditampung Dishub, sebagai bahan masukan untuk perbaikan lalu lintas Kota Depok.

“Proses kebijakan ini masih panjang dan Dishub Depok berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berupa pengaturan maupun rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan,” ucapnya.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.