Depok Belum Memberlakukan Aturan Ganjil Genap dalam Waktu Dekat.jpg

Berita Kawasan

Depok Belum Berlakukan Aturan Ganjil Genap dalam Waktu Dekat

Sebagai kota penyangga ibu kota, arus lalu lintas di Kota Depok kian padat dan telah lama dikeluhakan warganya. Padatnya arus lalu lintas itu khususnya kerap kali terjadi di ruas Jalan Raya Margonda, Jalan Dewi Sartika, Jalan Kartini, dan Jalan Siliwangi.

Berbagai cara telah dilakukan demi mengurangi kemacetan, namun belum ada yang benar-benar berhasil. Malah, makin hari volume kendaraan semakin bertambah, tanpa diiringi perluasan ruas jalan atau tidak ditambah.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Terkait aturan ganjil-genap, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, informasi pemberlakukan aturan ganjil-genap di Jalan Raya Margonda pada 17 April 2019 adalah tidak benar. Ia juga menegaskan, kebijakan tersebut sudah dikaji secara akademis. Namun, belum akan diterapkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam waktu dekat.

[Baca Juga: Mengulas Komunitas Pecinta Anjing di Kota Depok]

“Dalam membuat sebuah kebijakan itu perlu ada proses, melibatkan lintas pemangku kepentingan. Terlebih, Jalan Raya Margonda kewenangannya terbagi-bagi. Ada yang menjadi kewenangan pusat, provinsi dan kota,” katanya sepeerti dikutip dari depok.go.id (15/3/2019).

Depok Belum Berlakukan Ganjil Genap di Margonda dalam Waktu Dekat

Dikatakannya, hingga kini BPTJ dan Dishub Kota Depok belum berkoordinasi secara resmi. Namun, sebelum koordinasi pihaknya harus menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak terkait. Dengan begitu, pihaknya belum memutuskan ada penetapan kapan waktu penerapan aturan ganjil-genap.

“Karena memang belum ada penetapan kapan pelaksanaannya. Banyak tahapan yang harus dilewati dalam perumusan kebijakan publik,” lanjut Dadang.

[Baca Juga: Bangunan Tua di Margo City Jadi Saksi Sejarah Depok]

Untuk itu, kata Dadang, Dishub berharap masyarakat tidak mudah terpancing. Menurutnya, setiap usulan dari masyarakat akan ditampung Dishub, sebagai bahan masukan untuk perbaikan lalu lintas Kota Depok.

“Proses kebijakan ini masih panjang dan Dishub Depok berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berupa pengaturan maupun rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.