Depok Raih Prestasi di Pekan Kerajinan Jawa Barat 2019

Berita Kawasan

Depok Raih Prestasi di Pekan Kerajinan Jawa Barat 2019

Euforia Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Sate, Kota Bandung masih terasa. Pameran tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu, mulai tanggal 25-27 Oktober 2019. Apalagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok berhasil meraih peringkat III dalam kategori stan terbaik.

Alhamdulillah, kami meraih juara III kategori stan terbaik pada pameran tersebut. Kemarin desain stan yang kami tampilkan bernuansa Betawi, beserta produk-produk yang menarik dan berkualitas,” ujar Ketua Dekranasda Kota Depok Elly Farida.

[Baca Juga: Bekal Ala PKK Depok Raih Juara Lomba Cipta Menu Se-Jawa Barat]

Elly menyebutkan, di pameran tersebut pihaknya menampilkan berbagai produk unggulan Kota Depok. Mulai dari fashion, kerajinan hingga kuliner. Tak lupa, pihaknya juga turut menampilkan batik Depok melalui kegiatan peragaan busana. Hal tersebut sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi batik Depok kepada masyarakat.

“Di acara fashion show ini batik Depok diperagakan oleh para kepala dinas Pemprov Jawa Barat, beserta batik dari daerah lain. Tentunya, ini bisa menjadi salah satu cara memperkenalkan batik khas Depok agar dikenal oleh masyarakat luas,” kata Elly.

Melansir dari depok.go.id (5/11/2019) sementara itu, Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Qirbah asal Kota Depok juga berhasil meraih juara II kategori material alam dan lainnya. Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi dalam membuat tempat minum yang ramah lingkungan.

[Baca Juga: Wali Kota Depok Bawa Penghargaan untuk Kategori Pelayanan Publik]

“Pembuatan qirbah ini terinspirasi dari tempat minum dari kulit sapi yang digunakan pada zaman para nabi. Untuk itu, saya berinovasi dengan membuat qirbah dari bahan yang sama dan dilapisi dengan lilin lebah sehingga tidak berbau dan tahan air,” tutur Pemilik IKM Qirbah Praneta.

Produk Qirbah mulai dirintis sejak tahun 2015. Saat ini, produknya telah dipasarkan hingga ke Timur Tengah, biasanya dibeli untuk oleh-oleh Jemaah haji. Produk Qirbah bukan hanya dipasarkan secara langsung namun produk ini juga dijual dan dipasarkan online, khususnya melalui media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram.

PKJB merupakan ajang berkumpulnya para pecinta, komunitas, serta UMKM kerajinan tangan dari seluruh Jawa Barat. Tahun ini merupakan event PKJB yang ke-22 tahun dengan mengangkat tema My Craft My Style, dengan harapan kerajinan khas Jawa Barat bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari dan berkembang di masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.