Depok Raih Prestasi di Pekan Kerajinan Jawa Barat 2019

Berita Kawasan

Depok Raih Prestasi di Pekan Kerajinan Jawa Barat 2019

Euforia Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Sate, Kota Bandung masih terasa. Pameran tersebut berlangsung selama tiga hari yaitu, mulai tanggal 25-27 Oktober 2019. Apalagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok berhasil meraih peringkat III dalam kategori stan terbaik.

Alhamdulillah, kami meraih juara III kategori stan terbaik pada pameran tersebut. Kemarin desain stan yang kami tampilkan bernuansa Betawi, beserta produk-produk yang menarik dan berkualitas,” ujar Ketua Dekranasda Kota Depok Elly Farida.

[Baca Juga: Bekal Ala PKK Depok Raih Juara Lomba Cipta Menu Se-Jawa Barat]

Elly menyebutkan, di pameran tersebut pihaknya menampilkan berbagai produk unggulan Kota Depok. Mulai dari fashion, kerajinan hingga kuliner. Tak lupa, pihaknya juga turut menampilkan batik Depok melalui kegiatan peragaan busana. Hal tersebut sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi batik Depok kepada masyarakat.

“Di acara fashion show ini batik Depok diperagakan oleh para kepala dinas Pemprov Jawa Barat, beserta batik dari daerah lain. Tentunya, ini bisa menjadi salah satu cara memperkenalkan batik khas Depok agar dikenal oleh masyarakat luas,” kata Elly.

Melansir dari depok.go.id (5/11/2019) sementara itu, Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Qirbah asal Kota Depok juga berhasil meraih juara II kategori material alam dan lainnya. Penghargaan tersebut diberikan atas inovasi dalam membuat tempat minum yang ramah lingkungan.

[Baca Juga: Wali Kota Depok Bawa Penghargaan untuk Kategori Pelayanan Publik]

“Pembuatan qirbah ini terinspirasi dari tempat minum dari kulit sapi yang digunakan pada zaman para nabi. Untuk itu, saya berinovasi dengan membuat qirbah dari bahan yang sama dan dilapisi dengan lilin lebah sehingga tidak berbau dan tahan air,” tutur Pemilik IKM Qirbah Praneta.

Produk Qirbah mulai dirintis sejak tahun 2015. Saat ini, produknya telah dipasarkan hingga ke Timur Tengah, biasanya dibeli untuk oleh-oleh Jemaah haji. Produk Qirbah bukan hanya dipasarkan secara langsung namun produk ini juga dijual dan dipasarkan online, khususnya melalui media sosial, seperti WhatsApp dan Instagram.

PKJB merupakan ajang berkumpulnya para pecinta, komunitas, serta UMKM kerajinan tangan dari seluruh Jawa Barat. Tahun ini merupakan event PKJB yang ke-22 tahun dengan mengangkat tema My Craft My Style, dengan harapan kerajinan khas Jawa Barat bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari dan berkembang di masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.