Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang

Bisnis

Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang

Pada Maret 2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia meresmikan laboratorium Uji Balai Riset Budidaya Ikan Hias di Kota Depok. Kala itu, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Sjarief Widjaja menjelaskan, laboratorium ini diresmikan untuk mendorong pengembangan jenis ikan hias baru serta meningkatkan ekspornya. Beberapa bulan setelah peresmian tersebut, dikabarkan Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok saat ini tengah serius untuk membudidayakan ikan cupang alam hingga akhir tahun 2019.

BBI Kota Depok menargetkan untuk menghasilkan 1.000 jenis ikan cupang alam yang proses pembenihannya akan dijalankan sampai Desember 2019. Kepala BBI Nur Hidayat menjelaskan, jenis ikan cupang alam yang saat ini dikembangbiakkan adalah Betta hendra, Betta channoides, Betta minniopina, Betta ocellata, Betta rubra, Beta patoti.

Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang

“Rata-rata cupang alam tersebut berasal dari beberapa wilayah (Indonesia-red) seperti dari Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa,” jelas Hidayat, sebagaimana dikutip dari siarandepok.com (27/6/2019).

Sekadar informasi, ikan cupang alam yang disebut di atas kerap dipandang sebagai “leluhur” dari ikan cupang hias dan aduan modern yang banyak dijual di pasaran. Ikan cupang alam termasuk sebagai ikan populer yang dipelihara di akuarium berukuran besar oleh para penggemar ikan hias, baik di Indonesia atau dari luar negeri.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

“Ya, target kami 1.000 benih dari lima pasang indukan cupang alam, sampai dengan akhir tahun ini.” Sesuai dengan habitat aslinya, tidaklah mudah untuk mengembangbiakan ikan cupang alam di akuarium atau kolam pembenihan. Oleh karena itulah, pihak BBI harus terus mengawasi perkembangan indukannya sekaligus memperhatikan kualitas air.

Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang

“Mengembangbiakkan cupang alam itu susah-susah gampang yang jelas kami harus telaten. Biasanya sekali bertelur rata-rata hanya 20-30 ekor ikan cupang. Jika bisa mencapai 1.000 benih dalam jangka waktu enam bulan, ini merupakan suatu prestasi untuk kami,” tambahnya.

[Baca Juga: Cegah DBD, Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang]

Selain cupang alam, pengembangan ikan cupang hias juga tampaknya didorong di Kota Depok. Pasalnya, di waktu yang hampir bersamaan dengan pengembangan ikan cupang Alam, Kota Depok juga akan menjadi lokasi diadakannya kompetisi ikan cupang hias tingkat nasional. Dengan nama Halalbihalal Betta Kontes, lomba ikan cupang ini diadakan di kawasan Kelurahan Harjamukti pada tanggal 28-30 Juni 2019. Kontes ini digelar Paguyuban Cupang Depok. Peserta lombanya merupakan penggemar ikan cupang hias yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.