Depok Tunggu Aturan dari Provinsi untuk Laksanakan PSBB

Berita Kawasan

Depok Tunggu Aturan dari Provinsi untuk Laksanakan PSBB

Kota Depok telah diperbolehkan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus mematangkan persiapan untuk segera melaksanakan PSBB sebagai upaya mempercepat penanganan penyebaran Virus Corona yang mengakibatkan COVID-19.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, Depok telah melakukan berbagai persiapan, seperti dari sisi sarana dan prasarana kesehatan, keamanan, dan aspek pemenuhan kebutuhan dasar. Ia melanjutkan, aka nada warga yang mendapatkan bantuan sosial, yang dananya akan diambil dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kota Depok. Penerima sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Depok yang ada di Dinas Sosial (Dinsos).

Depok Tunggu Aturan dari Provinsi untuk Laksanakan PSBB

Melansir dari depok.go.id (13/4/2020), dirinya menjabarkan mengenai terbentuknya Kampung Siaga COVOD-19 di 902 Rukun Warga (RW) dari total 924 RW yang ada di Kota Depok angka tersebut mencapai 97,6 persen.

“Kampung siaga ini juga dijadikan sebagai lumbung pangan warga sehingga bagi warga yang mampu bisa membantu yang kurang mampu melalui wadah ini. Termasuk bantuan Corporate Social Responsibility (CSR), sedekah, zakat yang diberdayakan untuk kampung siaga agar berjalan secara efektif, berdaya, dan mandiri,” sebut Idris.

[Baca Juga: Peninjauan Penerapan PSBB pada Akhir Pekan di Jakarta Timur]

Kepala Polres (Kapolres) Metro Depok Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Azis Andriansyah menuturkan, pihaknya akan menyiagakan sebanyak 50 personel di 20 pintu masuk dan keluar menuju Kota Depok. Hal ini dilakukan guna menyukseskan penerapan PSBB di Kota Depok mendatang. “50 personel tersebut dibagi atas dua shift yaitu 25 orang di pagi hari dan 25 orang lagi untuk sore atau malam hari,” kata Azis.

Azis juga menambahkan, yang akan bertugas bukan hanya dari kepolisian namun juga TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Serta memberdayakan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) dalam pelaksanaannya.

[Baca Juga: PSBB, Tiga Kelurahan Jakarta Utara Terima Puluhan Ribu Sembako]

Akan tetapi, penerapan mengenai PSBB di Kota Depok masih akan menunggu penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat (Jabar). Idris menyebutkan, di wilayah Depok, Bekasi dan Bogor membutuhkan Pergub Jawa Barat yang menurutnya, peraturan ini nantinya akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan PSBB.

“Pada prinsipnya kami berupaya semaksimal mungkin guna mempersiapkan pelaksanaan PSBB dalam waktu dekat,” tutup Idris.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.