BOGOR_KULINER_DERETAN KULINER OLEH OLEH KHAS BOGOR_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Kuliner

Catat! Ini Kuliner Asli Bogor yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Selain dikenal sebagai kota wisata, Bogor juga familiar dengan kulinernya. Banyak kuliner khas Bogor yang patut untuk dicoba. Bukan hanya makanan berat (main course), tapi makanan ringan seperti camilan yang bisa menjadi oleh-oleh khas bogor.

Maka dari itu, jika jalan-jalan ke Bogor, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas tersebut. Selain itu, pastikan Anda juga membawa makanan khas Bogor tersebut sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta yang tidak bisa ikut jalan-jalan. Sementara sebagai referensi, berikut telah kami rangkum beberapa kuliner khas yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bogor.

  • Bolu Lapis Sangkuriang
Lapis Talas Sangkuriang

Talas merupakan umbi yang identik dengan Bogor. Maka itu, tak heran jika banyak makanan atau kue yang terbuat dari olahan talas di kota ini. Kue lapis talas yang diproduksi Lapis Bogor Sangkuriang adalah salah satunya. Kue yang umum dikenal Bolu Lapis Sangkuriang ini terbilang unik karena terbuat dari perpaduan tepung talas dan bahan taburan yang beraneka ragam.

Ini membuat kue ini terasa lembut dan lezat saat di lidah. Terlebih, campuran berbagai macam buah dan bahan olahan lain juga menambah kekayaan rasa dari kue berbentuk persegi panjang tersebut. Terpenting, kue yang dijajakan di outlet Jalan Raya Pajajaran ini bisa jadi oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Kota Hujan.

Alamat : Ruko Bantar Kemang, Jalan Raya Pajajaran No. 20i, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor

Jam Buka : Setiap hari pukul 06.00-21.00 WIB

  • Laksa Gang Aut
Laksa Gang Aut

Laksa juga makanan khas Bogor. Jadi jika berkunjung ke Bogor dan makan laksa, jangan lupa bungkus untuk keluarga di rumah atau teman dekat. Biar mereka tahu bagaimana nikmatnya dari makanan dengan kuah berwarna kuning ini. Nah, salah satu kedai laksa yang bisa jadi rekomendasi karena sudah terkenal dan bertahan hingga tiga generasi adalah Laksa Mang Wahyu yang terletak di Gang Aut. Lokasi tempat kedai itu berada lebih dikenal khalayak sehingga orang mengenalnya dengan Laksa Gang Aut.

Alamat : Jalan Suryakancana, Gang Aut, Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam buka : Setiap hari pukul 07.00-15.00 WIB

  • Roti Unyil Bogor
Roti Unyil

Roti Unyil Venus sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Bogor. Ini karena roti unyil tersebut memang lahir di Kota Hujan. Ukurannya yang mungil serta rasa yang bervariasi, membuat roti ini cepat terkenal, memiliki banyak peminat, dan bertahan dari tahun 1992 sampai sekarang. Roti Unyil Venus atau yang akrab dikenal roti unyil Bogor ini juga sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh, karena outletnya yang ada di Jalan Pajaran memang menawarkan berbagai berbagai pilihan ukuran kemasan untuk dibawa pulang.

Alamat : Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No.1, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor

Jam buka : Setiap hari pukul 05.30-21.00 WIB

  • Pia Apple Pie
Pia Appla Pie

Pia Apple Pie sepertinya tidak bisa dipisahkan dari Bogor. Maka ketika berkunjung ke Kota Hujan, jangan lupa untuk membeli pie ini sebagai oleh-oleh. Toko dan restoran pie ini berlokasi di Jalan Pangrango, Bogor Tengah. Tapi saat mencarinya, jangan harap Anda melihat bentuk rumah makan atau toko kue seperti pada umumnya. Sebab, Pia Apple Pie sendiri memiliki outlet yang mirip dengan rumah. Namun justru, di situlah keistimewaannya. Dengan berada di sini, Anda akan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Alamat : Jalan Pangrango No.10, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB

  • Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Sedap Gedung Dalam

Eksis di Bogor sejak 1978, Asinan Sedap Gedung seolah sudah jadi buah tangan yang wajib dibawa jika berkunjung ke Bogor. Toko ini menjual dua jenis asinan, yakni sayur dan buah. Asinan buah terdiri dari potongan buah-buahan seperti pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak, dan beberapa buah lainnya yang direndam air gula terlebih dahulu. Sementara asinan sayur, terbuat dari campuran kol, timun, wortel, dan toge yang segar tanpa direndam dengan air apapun. Metode pembuatan asinan sederhana ini merupakan resep keluarga, dan sudah terbukti kelezatannya. Makanya, tak heran jika toko asinan yang terletak di Jalan Siliwangi, Bogor Timur tersebut bertahan hingga sekarang.

Alamat : Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor

Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.