Deretan Manfaat Tanah Liat Untuk Tubuh Manusia

Kesehatan

Deretan Manfaat Tanah Liat untuk Kesehatan Tubuh

Tanah liat atau lempung banyak ditemukan di berbagai pelosok. Dinamakan tanah liat karena tanah jenis ini memiliki tekstur yang liat yang mudah dibentuk. Tanah liat yang dikenal pula dengan sebutan clay memiliki ukuran partikel yang sangat kecil dengan diameter sekitar 4 mikrometer. Selain itu, tanah liat merupakan jenis tanah yang mengandung banyak leburan aluminium atau silika halus, silikon dan oksigen.

Tanah liat terbentuk akibat proses pelapukan kerak bumi yang sebagian disusun batuan feldspatik (batuan granit dan batuan beku). Lalu aktivitas panas bumi membuat kerak bumi melapuk karena adanya asam karbonat yang kemudian menjadikan tekstur tanah menjadi liat. Ada dua jenis tanah liat yaitu tanah liat primer dan tanah liat sekunder.

Deretan Manfaat Tanah Liat Untuk Tubuh Manusia

Tanah liat primer atau tanah liat residu, bersifat murni yang terbentuk akibat pelapukan batuan feldspatik oleh tenaga endogen yang kemudian berpindah dari batuan asalnya. Tanah ini memiliki warna putih atau kusam, karena tanah liat primer tidak tercampur ranting, daun, humus dan tidak terbawa arus air. Tanah liat primer memerlukan daya peleburan yang cukup tinggi.

Sedangkan tanah liat sekunder terbentuk oleh batuan sedimen yang mengalami proses pelapukan dan berpindah dari batuan induk karena adanya tenaga eksogen. Tanah liat sekunder memiliki warna coklat, kehitaman, merah jambu, krem dan kekuningan yang terbentuk karena telah tercampur dengan bahan pengotor dan butirannya halus. Tanah liat sekunder memiliki ketahanan api lebih rendah jika dibandingkan dengan tanah liat primer. Kedua jenis tanah liat ini dapat ditemui didaerah sekitar rawa, danau, maupun sungai.

[Baca Juga: 4 Clay Mask Lokal Ini Bagus Untuk Bersihkan Pori-Pori]

Tanah liat mengandung 67 jenis mineral, diantaranya zat besi, zinc, kalsium, potasium, magnesium, silika, mangan, dan banyak lagi. Kandungan mineral tadi memiliki manfaat bagi manusia dan lingkungan. Selain banyak dijadikan bahan bangunan dan bahan pembuatan keramik, tanah liat juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan. PingPoint.co.id telah merangkum sejumlah manfaat tanah liat bagi tubuh manusia dari beberapa sumber (4/9/2019).

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tanah liat memiliki zat yang berbentuk mirip spons yang mampu menyerap racun dalam tubuh. Senyawa racun yang dapat dibersihkan yaitu aflatoxin yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Selain itu tanah liat juga berfungsi dalam mencegah radang perut dan sembelit. Tanah liat yang dapat digunakan untuk pengobatan diare adalah tanah liat yang mengandung mineral kaolin, yaitu susunan batuan dari material lempung yang memiliki kandungan besi rendah dan biasanya berwarna agak putih.

Deretan Manfaat Tanah Liat Untuk Tubuh Manusia

  • Mengobati Osteoporosis

Kandungan kalsium dalam tanah liat yang tinggi dapat membantu para lanjut usia dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium dapat menjaga kesehatan tulang sehingga apabila dikonsumsi dengan benar oleh mereka yang masih muda dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium sehingga tidak mudah terkena osteoporosis di kemudian hari.

  • Antikanker

Sifat antikarsinogenik dalam tanah liat medis membantu dalam mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. Tanah liat medis mampu membersihkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh manusia.

  • Fungsi Detoksifikasi

Tanah liat memiliki manfaat dalam detoksifikasi dari racun yang dapat menyebabkan alergi makanan, masalah pencernaan, kelelahan, dan sakit kepala. Tanah liat atau lempung memiliki muatan listrik negatif alami yang mampu menarik racun muatan positif dari tubuh melalui usus.

Deretan Manfaat Tanah Liat Untuk Tubuh Manusia

  • Penyembuhan Luka

Kandungan zinc dan zat besi pada tanah liat dapat berfungsi dalam meringankan rasa sakit pada luka dan membantu dalam penyembuhannya serta menyamarkan bekas luka. Selain itu tanah liat juga dapat mengobati alergi pada kulit.

  • Obat Terapi

Tanah liat dikenal memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan, baik digunakan di luar maupun di dalam tubuh. Untuk terapi luka luar dilakukan dengan cara mengoleskannya pada bagian yang sakit. Anda juga dapat menggunakan tanah liat untuk berendam.

[Baca Juga: Meskipun Menjijikan, Ini Manfaat Cacing Tanah Jika Dikonsumsi]

Tanah liat memiliki kandungan mineral yang mempu meningkatkan produksi enzim-enzim tertentu dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi tanah liat dapat menjadi suplemen untuk tubuh. Selain dikonsumsi dalam bentuk cair, tanah liat juga dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk seperti isi kapsul. Dengan mengetahui berbagai manfaat dan kegunaan di atas, semoga Anda dalam memanfaatkan tanah liat untuk menjaga kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.