Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Pendidikan

Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Terlahir dengan kondisi yang berbeda bukan sesuatu yang dapat dipilih. Memiliki keterbatasan masih menjadi hal yang tabu karena berbeda dengan orang kebanyakan. Bayak orang bahkan tak jarang mendiskriminasi anak dengan kebutuhan khusus karena adanya perbedaan-perbedaan itu.

Miskonsepsi terhadap orang atau anak dengan kebutuhan khusus terkadang menimbulkan adanya persepsi miring. Contoh, pemikiran usang yang menganggap bahwa kelahiran anak dengan autisme adalah akibat dosa orangtua di masa lalu. Hal-hal seperti ini tidak hanya datang dari lingkungan sosial, tapi juga dari lingkungan keluarga yang belum memahami atau menerima adanya perbedaan.

Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Berbeda bukan berarti tidak sama, menjadi prinsip yang cukup kokoh dibangun keluarga Derry 4 Sekawan dengan sang istri Dede Yayang. Derry adalah selebriti yang tergabung dalam grup komedi 4 Sekawan. Bagi komedian ini, merawat seorang anak laki-laki dengan autisme hingga umur 16 tahun memang bukan hal yang mudah dilakukan. Meski demikian, rasa sabar dan kasih sayang Derry dan Dede kepada sang buah hati tidak pernah kurang.

“Menerima anak dengan autisme tidak seperti anak-anak lainnya. Karena dia spesial maka kami juga perlu memberikan penanganan yang spesial agar anak saya bisa hidup selayak kakak dan adiknya. Tidak ada pembedaan dan tidak juga diperlakukan berbeda, hanya berkebutuhan khusus” ungkap Dede Yayang yang diiyakan oleh Derry pada sesi wawancara via sambungan telepon dengan PingPoint.co.id (3/4/2020).

[Baca Juga: Bersinergi Menggugah Kesadaran Terhadap Autisme]

Muhammad Nebula Al-Sauqi, adalah anak kedua dan juga anak laki-laki pertama Derry dan Dede. Terlepas dari kondisi khususnya, Sauqi (nama panggilan di rumah) menjadi anak yang ditunggu-tunggu keluarga Derry. Selama hampir 7 tahun memiliki anak perempuan pertama, Dede dan Derry selalu menginginkan kelahiran anak laki-laki pertama mereka.

“Sauqi itu anak laki-laki pertama kami. Anak paling tua ada kakaknya Sauqi yang perempuan umur 22 tahun menuju 23, dan adiknya umur 9 tahun. Meskipun perbedaan umurnya sama-sama 7 tahun, saya cukup bangga dengan mereka, karena kakak dan adiknya sangat perhatian dengan Sauqi” ujar Dede Yayang.

Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Setiap anggota keluarga Derry dan Dede memiliki peran masing-masing. Sebagai seorang seniman, Derry terus berkarya untuk memenuhi tugas sebagai kepala rumah tangga, sedangkan Dede lebih banyak mengambil pekerjaan rumah tangga yang mengurusi semua kebutuhan keluarga, mulai dari urusan sekolah hingga kebutuhan-kebutuhan Sauqi. Sementara kakak dan adik Sauqi mengambil peran untuk menemani Sauqi sehari-hari.

[Baca Juga: Keluarga Jadi Elemen Penting untuk Pendidikan Anak dengan Autisme]

“Peran saya sebagai orang tua adalah untuk membimbing dan melindungi anak-anak saya. Terutama Sauqi, anak saya yang perlu kebutuhan khusus dalam hal pendidikan. Hingga saat ini, Saya mengambil peran banyak dalam menjaga anak-anak, sedangkan bapaknya (Derry) mengemban tugas untuk menafkahi keluarga. Jadi soal anak-anak sudah jadi tugas utama saya,” tambah Dede Yayang.

Memiliki seorang anak dengan autisme tidak menjadi beban bagi Derry dan Dede Yayang. Peran orang tua terhadap anak menjadi tolak ukur tumbuh kembangnya di kemudian hari. Kehadiran sosok orangtua dalam kehidupan seorang anak setiap hari menjadi salah satu potret kesempurnaan keluarga, di mana sang anak mendapatkan semua pembelajaran dan kasih sayang penuh dalam kondisi apapun.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.