Desainer Batik Beri Kado Motif Batik pada HJKB 2021

Kecantikan dan Fashion

Desainer Batik Beri Kado Motif Batik pada HJKB 2021

Tepat pada 25 September, Kota Bandung memperingati hari jadinya yang ke-211. Dalam acara tersebut, Desainer Batik, Dinni Adrian memperkenalkan batik dengan motif ikon atau ciri khas Kota Bandung. Batik ini sekaligus menjadi kado untuk kota yang dicintainya.

Dinni menunjukkan batik yang ia buat menjadi pakaian kepada istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah yang juga Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bandung). Pada kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Dekranasda, Yunimar Mulyana di Aula Pendopo Kota Bandung pada Sabtu, 25 September 2021.

"Saya terinspirasi karena hari ini HUT Kota Bandung, jadi saya (berinisiatif) membuat batik ciri khas Kota Bandung," katanya, dikutip dari humas.bandung.go.id (26/9/2021).

Desainer Batik Beri Kado Motif Batik pada HJKB 2021

Selain memperkenalkan batik yang dibuatnya, Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda juga mempraktekan cara membuat batik tulis menggunakan canting bersama Dinni Adrian.

Sebelumnya, Dini sudah membuat batik dengan motif dari ikon Kota Bandung yang lumayan banyak. Di antaranya bunga patrakomala, burung kutilang atau cangkurileung, angklung, kujang, Gedung Sate, Jembatan Pasupati, hingga Jalan Braga.

Dalam pembuatan motif batik tersebut, menurutnya, diperlukan waktu kira-kira satu bulan. Setelah itu dicetak dan dijahit. "Satu motif butuh sekitar satu bulan, kemudian dicetak dan dijahit. Desain bajunya dari saya sendiri. Batik yang sudah menjadi produk ada patrakomala, kutilang, angklung, kujang, bahkan Persib saya juga bikin untuk Bobotoh Persib," ungkapnya.

Kedepannya, Dini akan memasarkan motif batik khas Bandung ini setelah semua selesai dicetak dan didesain. “Sekarang masih baru beberapa ikon dan bajunya juga masih ada beberapa yang belum selesai," lanjutnya.

[Baca Juga: MB3R 2019 Promosikan Batik dan Hari Jadi Kota Bogor]

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Bandung, Siti Muntamah mengaku, batik ini menjadi kejutan di HUT ke-21 Kota Bandung. Karena banyak cinta dan bahagia yang dirasakannya.

"Pertama pandemi COVID-19 menurun, kolaborasi masyarakat harmoni, salah satunya adalah pegiat usaha kreatif di Kota Bandung pun merasa optimis. Insyaallah dengan terus menggeluti kreativitas akan membawa pemulihan ekonomi nasional lebih cepat. Termasuk hari ini, batik yang digagas oleh Dinni Adrian," ucapnya.

Menurut Siti, batik dengan motif ciri khas Kota Bandung tersebut merupakan salah satu bentuk kreativitas yang dimiliki Kota Bandung. Karena Kota Bandung terbatas pada sumber daya alam tetapi memiliki banyak talenta.

Siti pun berterima kasih kepada Dinni Adrian yang telah membuat kado yang istimewa untuk Kota Bandung yang saat ini berusia 211 tahun.

"Batik ini adalah goresan rasa dan warna yang mewakili dari suasana yang ingin ditampilkan dan diperlihatkan. Intinya saya sangat mengagumi dan tentu saja sangat bangga di Kota Bandung ada pengrajin batik yang berbeda dari biasanya," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.