Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Pendidikan

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Menjadi ibu baru memang merupakan tantangan tersendiri untuk para orangtua baru. Apalagi ketika si buah hati menangis, alih-alih menenangkannya mungkin Anda justru bingung mengenai keinginan bayi. Di bawah satu tahun, bayi tentu tidak bisa berbicara sehingga tidak bisa menyampaikan apa yang dia inginkan.

Berangkat dari masalah tersebut, seorang dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Medhanita Dewi Menanti mengembangkan sebuah aplikasi yang dinamakan Madsaz. Mengutip dari kompas.com (14/11/2019), aplikasi yang ia kembangkan ini merupakan hasil karya tesisnya ketika menempuh gelar S2 Ilmu Komputer di IPB. Tak sendiri, pembuatan Madsaz dibantu tim Sekolah Vokasi IPB.

Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB

Aplikasi tersebut diciptakan untuk menerjemahkan tangisan bayi usia 0-3 bulan. Madsaz mampu menerjemahkan lima jenis tangisan bayi untuk ungkapan lapar, lelah tau mengantuk, ingin bersendawa, masuk angina atau perut kembung atau merasa tidak nyaman, dan bayi merasa kepanasan atau kedinginan.

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Sebelum menciptakan aplikasi ini tentu Medhanita melakukan penelitian terlebih dahulu. Ia menggunakan data latih suara bayi sebanyak 140 tangisan. Medhanita menjamin tingkat akurasi aplikasi sebesar 94 persen dari 35 tangis bayi. “Kekurangannya adalah kalau ada suara lain yang mengganggu, tapi tetap akan dikembangkan menjadi lebih baik,” ujar Medhanita.

Menurut pantauan PingPoint.co.id, kini aplikasi Madsaz sudah diunduh lebih dari 100.000 kali. Aplikasi sebesar 2.0MB ini cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan menekan tombol rekam saat bayi menangis. Nantinya arti tangisan bayi akan muncul di layar ponsel dalam waktu 2-20 detik setelah proses perekaman.

[Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi dan 5 Hal yang Mesti Diperhatikan]

Melansir dari id.theasianparent.com, tangisan bayi merupakan salah satu cara pengungkapan atau bahasa yang penting. Dalam umur ini, merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan ikatan emosional dari orangtua ke anak, semakin tanggap orang tua terhadap tangisan, maka akan ada timbul kepercayaan pada bayi.

Bayi yang timbul dengan kepercayaan yang tinggi akan tumbuh dengan baik dan belajar mempercayai orang lain di sekitarnya hingga dewasa. Sebaliknya, jika orang tua tidak tanggap terhadap tangisan bayi, maka akan membentuk perilaku tidak percaya dan khawatir.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.