Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah

Kesehatan

Dewan Guru Besar FKUI Surati Pemerintah, Sarankan Local Lockdown

Belum genap satu bulan sejak pemerintah mengumumkan adanya dua warga yang terdeteksi COVID-19 (2/3/2020), kini jumlah orang yang terinfeksi virus Corona SARS-CoV-2 di Indonesia melonjak drastis. Data per 27 Maret menunjukkan sebanyak 1.046 orang positif Covid-19. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 153 kasus dibandingkan pada data sehari sebelumnya yaitu 893 kasus.

Korban jiwa akibat pandemi COVID-19 pun bertambah, dari yang semula 78 orang kini menjadi 87 orang. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh jumlahnya yang semua hanya 35 orang, kini menjadi 46 orang.

Melihat situasi penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia, guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) meminta kepada pemerintah untuk mempertimbangkan opsi local lockdown atau pembatasan wilayah. Hal ini, sebagaimana surat yang dikeluarkan oleh Guru Besar FKUI - yang beredar di media sosial (27/3/2020).

Guru Besar FKUI Surati Pemerintah, Sarankan Local Lockdown

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Guru Besar FKUI, Profesor Siti Setiati, disebutkan bahwa Indonesia kini berada pada peringkat kelima dengan case fatality rate (CFR) tertinggi di dunia, yakni mencapai 8-10 persen. Berdasarkan proyeksi CFR dunia, diperkirakan jumlah kasus positif COVID-19 di indonesia sudah mencapai 1.300 kasus.

Oleh karena itu, langkah local lockdown dapat menjadi pilihan bagi pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19. Terlebih, pelaksanaan lockdown di Indonesia sendiri telah diatur dalam UU No.6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

[Baca Juga: Ini Dampak Lockdown Bagi Suatu Wilayah]

“Karantina wilayah/provinsi yang disarankan dilakukan selama minimal 14 hari, di provinsi-provinsi yang menjadi episentrum (zona merah) penyebaran COVID-19 atau daerah lain dengan berbagai pertimbangan,” katanya.

Dalam surat tersebut juga tertulis bahwa karantina wilayah akan mempermudah pemerintah untuk menghitung sumber daya untuk penanganan di rumah sakit. Untuk pelaksanaannya sendiri dapat dilakukan dengan koordinasi lintas sektor yang matang dan pemerintah daerah.

Saran Lainnya

Selain meminta agar pemerintah mempertimbangkan opsi local lockdown, dalam surat yang memuat tujuh poin tersebut Guru Besar FKUI juga memberikan saran lainnya. Diantaranya yakni meminta agar penyediaan alat pelindung diri (APD) yang cukup untuk semua fasilitas pelayanan kesehatan, terutama rumah sakit pemerintah.

Pemerintah juga diharapkan agar membuat aturan yang tegas supaya masyarakat tetap diam di rumah selama periode pembatasan sosial atau social distancing ini. Bila perlu, ada denda bagi tiap individu yang melanggar.

Surat tersebut juga menyebutkan perlu adanya rencana mitigasi dan rencana strategis dalam menangani pasien suspek dan konfirmasi COVID-19. Misalnya dengan membagi adanya perawatan pasien di rumah bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan melibatkan tenaga medis Puskesmas. Sedangkan perawatan di rumah sakit hanya diperuntukkan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Guru Besar FKUI Surati Pemerintah, Sarankan Local Lockdown

Koordinasi lintas kementerian dan lembaga juga sangat diperlukan agar implementasi kebijakan di lapangan dapat benar-benar berjalan dengan baik. Dan tak lupa, pemerintah harus membuat keputusan yang berbasis bukti (evidence based) dengan para pakar di bidangnya, termasuk ahli komunikasi masyarakat.

Untuk diketahui, DKI Jakarta sekarang ini menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif terbanyak di Indonesia. Data per hari ini menyebutkan ada 524 orang positif COVID-19. Lalu sebanyak 51 orang diantaranya meninggal dan 31 lainnya dinyatakan sembuh.

Sejumlah daerah seperti Tegal, Jawa Tengah dan perkampungan di D.I Yogyakarta diketahui juga telah menerapkan local lockdown. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19 di daerah tersebut.

Sementara itu, sejumlah negara seperti Italia, Malaysia, dan Inggris juga telah menerapkan lockdown. Keputusan tersebut diambil setelah jumlah kasus positif COVID-19 terus mengalami peningkatan. China sendiri menjadi negara yang telah usai menerapkan status lockdown. Pasca menerapkan lockdown, kasus positif COVID-19 di negeri tirai bambu tersebut mengalami penurunan dan kini tengah masa pemulihan.


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.