1. In-depth Reporting

Berita Kawasan

Dewan Pers Imbau Media Perhatikan Kode Etik Dalam Pemberitaan Virus Corona

Pemberitaan mengenai penyakit Convid -19 dari Virus Corona di Indonesia kini tengah menjadi perhatian utama publik. Terlebih pasca diumumkannya dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit Virus Corona (2/3/2020). Dewan Pers pun meminta agar media memperhatikan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan kasus virus Corona.

Meski Tidak Efektif Cegah Virus Corona, Apotek Terus Kehabisan Masker

Menurut Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, baik media cetak maupun media elektronik perlu memegang teguh kode etik jurnalistik. Media diharapkan dapat memberitakan secara akurat, berimbang, menguji informasi serta proporsional.

“Media massa tidak memberitakan kasus virus Corona ini secara berlebihan sehingga melupakan prinsip-prinsip dasar dalam kode etik jurnalistik. Media massa harus memperhatikan kepentingan publik yang lebih luas sebelum memuat berita atau laporan mengenai kasus virus Corona ini,” kata Nuh dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (5/3/2020).

[Baca Juga: Ajakan Boikot Beli Masker Secara Daring Meramaikan Banyak Grup WA]

Nuh mengatakan, ruang redaksi media massa seharusnya dapat menjaga ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, pemberitaan mengenai virus Corona tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

Nuh juga meminta agar media massa tak memuat identitas pasien, mulai dari nama, foto, dan alamat tempat tinggal. Sebab, hak privasi pasien harus tetap dijaga.

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Selain itu, dia juga mengimbau agar perusahaan media menjamin keselamatan jurnalis yang meliput kasus virus Corona sehingga tidak menimbulkan masalah baru. Misalnya seperti terjangkit virus Corona.

“Media massa bersama otoritas kesehatan menyampaikan informasi yang memberikan kepastian dalam masyarakat dan tidak membuat laporan atau berita yang hanya mencari sensasi dan meresahkan masyarakat,” jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 3 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian,club guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian,club ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>