Dharma Wanita Tangsel, Ikuti Kegiatan Tutorial Pakai Kebaya

Kecantikan dan Fashion

Dharma Wanita Tangsel, Ikuti Kegiatan Tutorial Pakai Kebaya

Kebaya merupakan pakaian tradisional orang Indonesia. Dan, sudah menjadi ciri perempuan Indonesia yang menggunakan kebaya. Seiring perkembangan zaman, pakaian budaya asing masuk dan menggeser popularitas pakaian kebaya ini. Padahal kebaya ini bisa dipakai dalam suasana apa pun. Jadi, tidak hanya saat acara formal dipakai, namun di luar acara-acara formal pun, kebaya dapat dipakai dengan nyaman.

Dalam rangka melestarikan pakaian tradisional tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam pertemuan rutinnya, menggelar tutorial memakai busana tradisional yang bertempat di Kecamatan Ciputat.

[Baca Juga: Asal-usul Kebaya Kerancang Betawi dan Perkembangannya Sekarang]

Sebagaimana dilansir laman berita.tangerangselatankota.go.id (22/07/2019). Perwakilan Ketua DWP Diskominfo Kota Tangsel Devi Irfan Santoso menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan pakaian khas tradisional perempuan Indonesia yaitu kebaya. “Karena kebaya sendiri merupakan lambang identitas dari Bangsa Indonesia yang sejak turun temurun digunakan sejak zaman kerajaan di Indonesia. Sehingga perlu dilestarikan, salah satunya dengan tutorial ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebanyak 250 peserta mengikuti kegiatan tutorial ini, yang terdiri dari Ketua DWP OPD, Kecamatan, anggota, dan pengurus DWP, Ibu-ibu Lurah, serta Ibu-ibu sekretaris Kelurahan se Kota Tangsel. “Kami ingin memotivasi para perempuan di Tangsel agar lebih mencintai busana tradisional ini dan dapat melestarikannya dengan memakainya di berbagai kesempatan.” jelasnya.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

Narasumber memberikan tutorial memakai kain yang praktis sehingga memakai kain dan kebaya bukanlah menjadi sesuatu hal yang sulit bahkan bisa kita dipakai dalam beraktivitas sehari-hari. Dalam kegiatan tersebut, diharapkan para perempuan khususnya di Kota Tangerang Selatan tetap mencintai budaya negerinya sendiri, salah satunya dengan menggunakan kebaya dalam berbagai acara formal maupun nonformal.

Untuk diketahui, pertemuan DWP Kota Tangsel dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali dengan mengangkat tema yang berbeda setiap bulannya. Untuk kebaya sendiri bagi Ibu-ibu anggota DWP diwajibkan memakai kebaya pada setiap peringatan Hari Kartini, Hari Ibu dan upacara bendera 17 Agustus,” singkatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.