Dharma Wanita Tangsel, Ikuti Kegiatan Tutorial Pakai Kebaya

Kecantikan dan Fashion

Dharma Wanita Tangsel, Ikuti Kegiatan Tutorial Pakai Kebaya

Kebaya merupakan pakaian tradisional orang Indonesia. Dan, sudah menjadi ciri perempuan Indonesia yang menggunakan kebaya. Seiring perkembangan zaman, pakaian budaya asing masuk dan menggeser popularitas pakaian kebaya ini. Padahal kebaya ini bisa dipakai dalam suasana apa pun. Jadi, tidak hanya saat acara formal dipakai, namun di luar acara-acara formal pun, kebaya dapat dipakai dengan nyaman.

Dalam rangka melestarikan pakaian tradisional tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam pertemuan rutinnya, menggelar tutorial memakai busana tradisional yang bertempat di Kecamatan Ciputat.

[Baca Juga: Asal-usul Kebaya Kerancang Betawi dan Perkembangannya Sekarang]

Sebagaimana dilansir laman berita.tangerangselatankota.go.id (22/07/2019). Perwakilan Ketua DWP Diskominfo Kota Tangsel Devi Irfan Santoso menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan pakaian khas tradisional perempuan Indonesia yaitu kebaya. “Karena kebaya sendiri merupakan lambang identitas dari Bangsa Indonesia yang sejak turun temurun digunakan sejak zaman kerajaan di Indonesia. Sehingga perlu dilestarikan, salah satunya dengan tutorial ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebanyak 250 peserta mengikuti kegiatan tutorial ini, yang terdiri dari Ketua DWP OPD, Kecamatan, anggota, dan pengurus DWP, Ibu-ibu Lurah, serta Ibu-ibu sekretaris Kelurahan se Kota Tangsel. “Kami ingin memotivasi para perempuan di Tangsel agar lebih mencintai busana tradisional ini dan dapat melestarikannya dengan memakainya di berbagai kesempatan.” jelasnya.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

Narasumber memberikan tutorial memakai kain yang praktis sehingga memakai kain dan kebaya bukanlah menjadi sesuatu hal yang sulit bahkan bisa kita dipakai dalam beraktivitas sehari-hari. Dalam kegiatan tersebut, diharapkan para perempuan khususnya di Kota Tangerang Selatan tetap mencintai budaya negerinya sendiri, salah satunya dengan menggunakan kebaya dalam berbagai acara formal maupun nonformal.

Untuk diketahui, pertemuan DWP Kota Tangsel dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali dengan mengangkat tema yang berbeda setiap bulannya. Untuk kebaya sendiri bagi Ibu-ibu anggota DWP diwajibkan memakai kebaya pada setiap peringatan Hari Kartini, Hari Ibu dan upacara bendera 17 Agustus,” singkatnya.

Read More

Artikel Lainnya

Ikan-Dari-Cold-Storage-Muara-Baru-Tembus-Pasar-Ekspor-1.jpg

Berita Kawasan

Hasil Laut Dari Cold Storage Muara Baru Tembus Pasar Ekspor

07 July 2020, 19:00

Kualitas ikan beku asal Muara Baru mampu terjaga dengan baik sehingga dapat menembus pasar luar negeri.

spesifik autism_1.jpg

Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus Pun Mampu Hadapi New Normal

07 July 2020, 18:00

Pandemi COVID-19 telah membawa fase new normal dalam kehidupan manusia. Semua orang menghadapi fase tersebut, termasuk anak dengan kebutuhan khusus.

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil.jpg

Bisnis

Lebih Praktis! House Kari Ala Jepang Hadirkan Kemasan Ukuran Kecil

07 July 2020, 16:11

Demi memberikan ukuran saji yang pas untuk keluarga, House Kari Ala Jepang hadirkan produk bumbu kari berukuran kecil.

Live More With New Spirit_1.jpg

Bisnis

Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with New Spirit

07 July 2020, 15:00

Program istimewa ini diharapkan memberikan semangat bagi para pecinta Piaggio dan Vespa dalam mengawali awal semester kedua tahun 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.