Di Kulonprogo Kini Sudah Bisa Melakukan Pernikahan di KUA atau Gedung .jpg

Berita Kawasan

Di Kulonprogo Kini Sudah Bisa Melakukan Pernikahan di KUA atau Gedung

Memasuki situasi new normal, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kulonprogo sudah menerima pendaftaran pencatatan nikah langsung di Kantor Urusan Agama (KUA), sebelumnya, pendaftaran nikah hanya dilayani melalui sistem online sebagai salah satu alasan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kemudian, berdasarkan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam, No P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman COVID-19 tanggal 10 Juni 2020 menyatakan jika pendaftaran nikah sudah boleh dilakukan secara langsung akan tetapi harus tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19 menuju new normal KUA Kapanewon se-Kabupaten Kulonprogo siap memberikan pelayanan pencatatan nikah bagi masyarakat beragama Islam, pendaftaran pencatatan pernikahan, baik calon pengantin datang secara langsung ke kantor, di sisi lain secara online melalui website, telepon atau e-mail juga tetap jalan," ujar Kepala Kemenag Kulonprogo Ahmad Fauzi.

Dilansir dari harianjogja.com (15/6/2020) Fauzi menyebutkan, pelaksanaan akad nikah tetap harus memerhatikan protokol kesehatan dan semaksimal mungkin mengurangi kontak fisik dengan banyak orang termasuk petugas KUA.

Bukan hanya di KUA, pernikahan juga boleh dilaksanakan di luar KUA seperti rumah mempelai, rumah wali, di gedung serbaguna, maupun masjid. Peserta yang boleh hadir dalam prosesi akad nikah yang dilakukan di KUA atau rumah hanya boleh dihadiri maksimal 10 orang, sedangkan jika akad nikah dilaksanakan di masjid atau gedung pertemuan, peserta yang hadir mengikuti prosesi akad nikah maksimal 20 persen dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang.

"Pada saat prosesi akad nikah, baik petugas, mempelai berdua, wali dan saksi, wajib mengenakan APD seperti masker, sarung tangan, juga pelindung wajah,” ucap Fauzi.

Kemenag Kulonprogo telah meminta Kepala KUA untuk melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Gugus Tugas Kapanewon serta instansi terkait dan aparat keamanan untuk pengendalian pelaksanaan pelayanan akad nikah dengan protokol new normal.

Jika tidak melakukan protokol ini, maka Kepala KUA atau penghulu berhak dan wajib menolak pelayanan nikah. Kemenag mencatat sebanyak 404 pasangan di Kulonprogo telah melangsungkan akad nikah selama masa pandemi COVID-19. Jumlah itu terhitung sejak Maret-Mei 2020. Rinciannya, 301 pasangan pada Maret, 89 pada April, dan 14 pada Mei. Dari jumlah tersebut, 274 pengantin melakukan akad nikah di luar KUA.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.