Di Tengah Guyuran Hujan, Pemkot Jakarta Pusat Resmikan JP Farm

Berita Kawasan

Di Tengah Guyuran Hujan, Pemkot Jakarta Pusat Resmikan JP Farm

Baru-baru ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat meresmikan taman bernama JP Farm yang memiliki konsep agrikultur. Taman ini berada di lokasi yang berdekatan dengan Blok A serta Blok C di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Menariknya, peresmian tersebut dilakukan ketika hujan turun cukup deras tapi hal ini tidak memutus semangat dari Pemkot Jakarta Pusat.

Peresmian itu dilakukan pada 20 Februari 2020 dengan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara yang langsung turun ke JP Farm untuk membuka tirai yang menjadi simbol resminya JP Farm. Pemilihan tanggal peresmian ini sebenarnya memiliki makna khusus bagi Pemkot Jakarta Pusat, khususnya dari angkanya yang bila ditulis akan membentuk rangkaian 20-02-2020.

Di Tengah Guyuran Hujan, Pemkot Jakarta Pusat Resmikan JP Farm

“Hari ini kita meresmikan JP Farm di tanggal yang cantik. Di sini juga ada 169 jenis tanaman yang ditanam di lahan (dengan luas) 80 meter persegi,” ujar orang nomor satu di Jakarta Pusat tersebut, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (20/2/2020).

[Baca Juga: Kampung Buah Jasindo Manfaatkan Lorong Sempit untuk Urban Farming]

Dari sisi Pemkot Jakarta Pusat sendiri, JP Farm ditujukan dalam persiapan ketahanan pangan dari sisi agrikultur. Oleh karena itulah, Bayu menginginkan agar ratusan tanaman yang ada di sini dapat tumbuh subur dan berkembang. Bahkan jika bisa dipanen nanti, ia mengharapkan agar panen dari JP Farm dapat turut dimanfaatkan oleh pengelola kantin di area pemerintahan Pemkot Jakarta Pusat.

Selain itu, salah satu tujuan utama dihadirkannya JP Farm ini adalah sebagai tempat edukasi agrikultur untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta pelajar usia PAUD di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat. Pasalnya, di sini ada banyak tanaman hidroponik seperti pokcoy, sawi, bayam, cabai, kangkung hingga padi yang bisa dipelajari oleh mereka. Bahkan di sini ada kolam gizi seperti yang kerap dikembangkan di banyak ruang publik terpadu ramah anak yang ada di Ibu Kota.

[Baca Juga: Kantor Gubernur DKI Jakarta Kini Punya Balkot Farm]

“Tanaman yang ada di JP Farm ini telah dilengkapi dengan barcode dari Sudin Kominfotik Jakpus. Sehingga pas kita barcode akan mengetahui tanaman ini jenis apa, fungsi, serta manfaat tanaman tersebut,” jelas Sekretaris Dinas Ketahanan pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.