Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan

Berita Kawasan

Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak bisa menyembunyikan kekecewaan dan kemarahannya. Sebab, dua mobil laboratorium dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sedianya diperbantukan untuk Kota Surabaya, dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Jawa Timur (Gugas Jatim).

Padahal, Risma secara langsung telah berkoordinasi dan menghubungi berbagai pihak yang telah dimintainya bantuan. Tujuannya, agar cepat menangani warga Surabaya yang kini menjadi salah satu wilayah terdampak COVID-19 cukup parah di Indonesia.

Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan

Kepada awak media, Risma menunjukkan bukti percakapan via pesan singkat dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Dalam percakapan tersebut, jelas Risma memohon bantuan alat fast lab untuk Kota Surabaya, dan pesan tersebut dibalas Doni dengan pernyataan menyanggupi permintaan Risma.

Saat mengetahui mobil berbelok arah dan menuju kota lain—Tulungagung dan Lamongan—kegeraman Risma pun memuncak. Dalam kesempatan itu, Risma tampak menelepon salah seseorang pejabat Pemprov Jatim sambil marah-marah. Di ujung telepon, suara Risma nampak meninggi.

“Saya dapat [chat] WhatsApp Pak Doni Monardo kalau (mobil laboratorium) itu untuk Surabaya. Apa-apaan ini, kalau mau boikot jangan gitu caranya. Saya akan ngomong ini ke semua orang. Pak, saya enggak terima lho pak, betul saya enggak terima," hardik Risma di ujung telepon sembari terisak tangis, dikutip surabaya.go.id (29/5/2020).

[Baca Juga: 20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien]

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Febria Rachmanita menjelaskan, rencananya mobil bantuan BNPB akan dipergunakan untuk pasien yang menjalani karantina di Hotel Asrama Haji dan Dupak Masigit.

Namun, jadi diundur pukul 13.00 WIB karena mobil itu dialihkan dulu ke Rumah Sakit Unair dan tidak langsung ke Hotel Asrama Haji. Kemudian para pasien di Hotel Asrama Haji dipersiapkan mulai sekitar pukul 12.30 WIB dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

[Baca Juga: Hari Ke-1 PSBB Surabaya Jilid III, Ratusan Pemudik Lokal Terbendung]

“Ternyata, mobil itu tidak datang-datang hingga kami menunggu 5 jam dan mobil itu baru datang sekitar pukul 18.30 WIB. Dan ternyata kemarin dua mobil itu dibawa ke Unair satu dan satu mobil lagi dibawa ke daerah lain,” tegasnya.

Dia menambahkan apa bila dua mobil itu sejak awal berada di Surabaya dan bisa melakukan tes swab di Surabaya, maka besar kemungkinan akan selesai dites semuanya. Sebab, pemkot sudah menyiapkan semua titik yang akan dikunjungi oleh mobil tersebut. “Jadi, kami sudah menyiapkan semua titik-titik itu selama lima hari berada di Surabaya. Rencananya, kami juga akan melakukan tes swab melalui mobil itu di Gelora Pancasila, Gelora Tambaksari, BDH, Manukan dan beberapa tempat lainnya,” pungkasnya.

Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan

Terharu dengan BIN

Sehari sebelumnya, Risma dibuat kaget bukan kepalang ketika menyambut bantuan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Bantuan ini tiba di Balai Kota Surabaya sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis (28/5/2020) petang dengan diangkut menggunakan truk kontainer. Sontak, ketika pintu truk kontainer dibuka, Risma langsung dibuat terperangah dengan jumlah bantuan yang diterima itu.

Dia pun tak bisa menyembunyikan raut sendu dan bola mata yang berkaca-kaca lantaran begitu gembiranya. Seraya memanggil Kepala Dinas Surabaya, Febria Rachmanita, tangisan haru Risma pun pecah. “Bu Feny Bu Feny, sak mene akehe, Bu (segini banyaknya bu), ya Allah bu, ya Allah bu,” ujarnya di surabaya.go.id.

Di Tengah Lonjakan Kasus Positif, Wali Kota Surabaya Dapat 2 Kejutan

Dalam kesempatan itu, dengan penuh haru Risma berterima kasih sedalam-dalamnya kepada semua jajaran BIN atas dukungan dan bantuannya. Sebelumnya, ia tidak mengira bahwa bantuan yang diberikan kepada pemkot selengkap dan sebanyak ini. “Gusti Allah yang balas. Saya benar-benar berterima kasih. Terus terang selama ini hasil swab paling cepat keluar satu minggu,” ucap Risma.

Ribuan alkes yang diterima itu terdiri dari Real Time PCR 2 unit, Reagent PCR 5000 test, VTM (Virus Transport Media) 5000 unit, Laminar Airflow Cabinet I unit, PCR Box 1 unit, Vortex 2 unit, Mini Centrifuge My SPIN 12 Mini Centrifuge 3 unit, Refrigerator 2-8° C 1 unit, Freezer -20° C 1 unit, Mikropipette Set 3 unit, Bio Safety Cabinet 2 unit, Automatice Extraction Machine + Biotecon 2 unit, Refrigerated Centrifuge 1 unit, Autoclave 1 unit, Thermal Mixer 1 unit, Thermal Block 1 unit, Oven, 1 unit, dan Freezer -80° C 1 unit.

[Baca Juga: Warga Surabaya Ini Tetap Tertib Karantina Mandiri pada Hari Raya]

Sedangkan untuk alat pelindung diri (APD), terdiri dari Mask N95 8000 pcs, Isolation Gown 8000 pcs, Protective Eyewear 8000 pcs, Latex Glove 8000 pcs, Medical Shoes Cover 8000 pasang, serta alat rapid test berjumlah 15.000.

Sekadar informasi, jumlah kasus Positif COVID-19 di Provinsi Jatim menempati urutan kedua setelah DKI Jakarta, 4.613 pasien dengan rincian 589 penyintas dan 372 pasien meninggal dunia. Kota Surabaya adalah penyumbang tertinggi di Provinsi Jatim. Terdapat 2.495 kasus dengan rincian 200 penyintas dan 235 pasien meninggal. Sementara di skala nasional, terdapat 25.773 kasus positif COVID-19 di tanah air. Total pasien sembuh sebanyak 7.015 orang dan pasien meninggal sebanyak 1.573 jiwa.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 4 months lalu
    anisa

    pemasukan berkurang atau gaada pemasukan di masa pandemi virus corona? QQHarian menjadi solusi yang tepat untuk anda. bisa cari atau serach di google yaa. :)

  • Emma 2 years, 4 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain.