kuliner-markas.jpg

Kuliner

Di Tengah Pandemi COVID-19, Kafe Berkonsep Halal Hadir di Medan

Pandemi COVID-19 tidak menjadi halangan untuk melirik dan menghadirkan usaha. Wabah ini, justru menjadi inspirasi dengan menghadirkan Markas 7, sebuah rumah kuliner berkonsep halal, sehat dan higenis di Kota Medan. Selain itu, usaha ini juga dipadukan dengan fasilitas pelayanan dan perawatan sepeda.

Owner Markas 7, Muhammad Hafidz Iskandar menuturkan, ide munculnya usaha ini sebenarnya bermula dari pandemi COVID-19, di mana masyarakat banyak memilih life style yang lebih sehat. Salah satunya dengan bersepeda dibandingkan olahraga lain. Ini menjadi salah satu cara masyarakat mengisi waktu dengan keluarga.

"Jadi dengan bersepeda mereka dengan jalan beramai-ramai. Biasanya setelah itu mereka nyari tempat duduk atau nongkrong, bisa jadi itu destinasi terakhir atau titik tengah tempat istirahat. Kami melihat di Medan, klub sepeda dari Setia budi, Medan Kota dan titik tengahnya di sini," ujar Muhammad Hafidz Iskandar di gerai Markas 7 Jalan Sei Petani Medan, (2/9/2021).

Kemudian sambungnya, para pecinta sepeda ini juga banyak yang tidak mengerti dimana ada tempat yang merawat sepeda. Sehingga yang ada hanya asal service, akhirnya sepeda yang bagus pun jadi rusak. Sehingga terinspirasi juga untuk menghadirkan bengkel sepeda.

minuman-markas.jpg

"Kami punya keluarga komunitas pecinta sepeda. Papa, sangat suka bersepeda dan punya keahlian merawat sepeda. Jadi komunitas itu kalau ngumpul selalu bilang ke markas 7 ya. Jadi, saat ide membuat rumah kuliner dipadukan saja dengan tempat ngumpul komunitas. Jadilah Markas 7, ada juga nuansa agamanya," ujarnya.

Selain itu, terpikir jugalah menyiapkan tempat bagi yang ingin merawat sepeda kesayangan bisa di sini saja. "Sepeda juga butuh perawatan. Dibersihkan sampai baut-bautnya Maka, sembari nunggu dibersihkan bisa menikmati sajian kuliner halal, higienis dan sehat," ujarnya seraya menambahkan umumnya para pesepeda ini, tidak mau meninggalkan sepedanya saat diservice.

Muhammad Hafidz Iskandar yang juga Wakil Ketua Bidang Investasi Kadin Medan ini menambahkan untuk menu yang disajikan di Markas 7 ini, memiliki konsep halal, sehat dan higenis.

"Insya Allah, konsep halal 100 persen di Markas 7 ini, ditandai dengan bahan baku makanan harus berlabel halal," ujarnya dan saat ini sertifikasi halal rumah kuliner ini masih dalam proses pengurusan di MUI.

[Baca Juga: Jinjit Kopi Tempat Tongkrongan Paling Hits Saat Ini di Medan]

Untuk bahan baku sebutnya, seluruhnya digunakan yang memiliki berlabel halal. Meski demikian dia mengaku kesulitan karena masih banyak yang tidak bertuliskan label halal. Sehingga belanja bahan baku harus cari refrensi penjualan yang berlabel halal.

"Contoh kecil saja ya. Tahu berlabel halal itu, justru adanya di supermarket dan produksinya dari luar Medan. Begitu juga untuk item bahan baku lainnya, sebelum beli harus dipastikan bersertifikat halal,"jelasnya.

Hafidz menjelaskan, bersama keluarga besarnya, berkomitmen bahwa tempat ini halal, sehat dan higienis, serta dilengkapi sarana prasarana ruang ibadah, toilet sesuai anjuran agama Islam, ruang mandi bagi mereka yang kurang nyaman, karena habis olahraga sepeda dan ada ruang tamu layaknya ruang keluarga.

Untuk tempat ibadah, dikonsep secara khusus, dimana, tempat shalat terpisah antara laki-laki dan perempuan sampai dapur tempat memasak makanan juga tidak boleh ada kamar mandi atau toilet. Bukan hanya itu, penyajian makanan juga diawasi secara ketat.

medan-markas.jpg

Dia juga menambahkan inspirasi tersebut juga bermula saat ia yang kerap jalan-jalan ke luar negeri dan harus kulineran di resto berlabel halal. Di Jepang maupun Korea, bahkan di London, selalu berusaha mendapatkan resto halal.

Kemudian, saat pandemi COVID-19 mengguncang dunia, otomatis jalan-jalan ke luar negeri sangat sulit.

"Idenya muncul. Kenapa tidak mencoba membuat rumah kuliner yang benar-benar halal dengan semua bahan baku yang halal? Maka saya ceritakan hal ini pada orang tua. Papa-Mama, setuju dan lahirlah ide kami membuat rumah kuliner halal 100 persen ditandai dengan bahan baku seluruhnya berlabel halal," pungkasnya.


Read More

Markas7

Kafe kuliner

None
None

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.