Di Tengah Pendemi Covid-19, Komunal Percepat P2P Lending

Bisnis

Di Tengah Pandemi COVID-19, Komunal Percepat P2P Lending

Tak bisa dipungkiri dampak dari pandemi COVID-19 akibat ifeksi virus SARS-CoV-2 sangatlah terasa bagi berbagai sektor bisnis. Para pengusaha merasakan pukulan yang cukup besar. Melihat situasi seperti ini, perusahaan fintech Komunal pun melakukan adaptasi agar memudahkan proses peminjaman bagi para pelaku usaha agar tetap produktif. Bahkan startup yang bermarkas di Kota Surabaya tersebut baru-baru ini turut membantu pengusaha kontraktor dalam penanganan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Sekadar informasi, perusahaan Komunal sendiri mulai beroperasi di Maret 2019 dengan fokus di bidang peer-to-peer (P2P) lending online. Perusahaan ini mendapat pendanaan pada akhir tahun lalu dari East Ventures. Perusahaan ini berusahaan menjadi jembatan dalam gap pendanaan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM, khususnya pengusaha yang masih belum dapat dilayani pengajuan pinjamannya oleh bank konvensional.

Di Tengah Pendemi Covid-19, Komunal Percepat P2P Lending

Di kala wabah virus Corona, perusahaan Komunal mampu beradaptasi dengan memberikan solusi pendanaan dengan teknologi digital yang lebih mudah dan cepat. Hal ini terlihat dengan salah satu peminjam yang masuk kategori regular di Komunal, yaitu salah satu perusahaan kontraktor. Perusahaan ini membutuhkan dana untuk menyanggupi proyek pembangunan ruang isolasi pasien Covid-19 di salah satu rumah sakit milik pemerintah terbesar di Kota Surabaya.

[Baca Juga: East Ventures Suntik Dana ke Perusahaan Startup Komunal]

Permintaan ini disebut sangatlah mendesak dan terbilang cepat, mengingat proyek ini diajukan pada 20 Maret 2020 dan harus segera dimulai ketika 24 Maret 2020. Sayang di saat yang sama, perusahaan itu pun tengah menjalani sejumlah proyek sekaligus dan mengalami kekurangan dana untuk pembelian bahan bangunan untuk proyek ruang isolasi virus Corona.

Perusahaan ini pun memilih untuk mengajukan melalui platform Komunal dalam peminjaman khusus. Melihat kecepatan merupakan kunci dari dimulai proyek ini, pihak Komunal langsung berkoordinasi dengan perusahaan tersebut dalam rangka mempercepat proses pencairan.

[Baca Juga: Perusahaan Startup Nusantics Raih Kucurkan Dana dari East Ventures]

Dengan rekam jejak yang baik dari peminjam serta dimanfaatkannya tanda tangan digitalnya, hanya kurang dari 15 menit, Komunal menyetujui pinjaman tersebut. Apalagi pihak lenders atau yang memberikan pinjaman juga memberikan respons positif kepada perusahaan yang meminjam, mengingat tujuan pencairan dana itu memang untuk berusaha menekan penyebaran Virus Corona. Kurang dari 24 jam setelah penyetujuan, dana pun cair dan proyek ruang isolasi COVID-19 ini disebut sudah dimulai sesuai waktunya.

Demi memperlihatkan bahwa Komunal memang mendukung usaha semua pihak mencegah luasnya penyebaran Virus Corona, perusahaan ini memutuskan untuk menggratiskan biaya administrasi peminjaman tersebut. “Kami mungkin tidak dapat membantu di garis depan, tetapi kami tetap dapat memberikan dukungan yang terbaik melalui teknologi. Bangga dengan tim yang bersemangat yang bekerja siang dan malam - tidak hanya untuk profit, tetapi untuk membuat komunitas kita menjadi tempat yang lebih baik,” tutur CEO Komunal Hendry Lieviant, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (24/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.