Di Tengah PSBB, Pengusaha Ikan Cupang Ini Tetap Raih Keuntungan

Bisnis

Di Tengah PSBB, Pengusaha Ikan Cupang Ini Tetap Raih Keuntungan

Dalam usaha menekan penyebaran COVID-19, wilayah Jabodetabek telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sejak beberapa bulan terakhir. Hal ini tak bisa dipungkiri sangat berdampak terhadap perekonomian, khususnya para pengusaha yang terpaksa harus beradaptasi dengan kondisi ini agar tetap bisa bertahan. Menariknya di tengah kondisi ini, seorang pengusaha ikan cupang dan aksesorisnya tetap berhasil meraih keuntungan serta merasakan peningkatan terhadap pemasukannya.

Ivan Prima Kosalim dengan usahanya yang dikenal dengan nama Ivanplastik sudah selama beberapa tahun terakhir ini menjual berbagai perlengkapan untuk memelihara ikan cupang dengan memanfaatkan e-commerce. Kemudian pada tahun 2018, ia pun melebarkan sayapnya dengan membuka peternakan ikan cupang di Kota Depok dengan nama Maddie Land.

Di Tengah PSBB, Pengusaha Ikan Cupang Ini Tetap Raih Keuntungan

PSBB Depok yang sudah diterapkan sejak pertengahan April 2020 yang diperpanjang hingga saat ini ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap usaha Ivan. Bahkan ia cenderung melihat terdapat kenaikan omzet, baik dari sisi penjualan aksesoris serta ikan cupangnya. Di mana selama PSBB Depok secara keseluruhan dari bisnisnya, Ivan berhasil meraih omzet sekitar Rp270.000.0000

“Untuk sampai saat ini, saya tidak ada kendala ya (akibat PSBB Depok). Saya mengalami kenaikan omzet, tapi pribadi saya juga masih belum tahu ini (dipengaruhi) gara-gara COVID, PSBB, ataupun gara-gara jalanin bisnis online. Saya belum dapat 100 persen fix kajiannya. Karena pada dasarnya dari awal membangun sampai sekarang memang grafiknya naik terus dari bulan ke bulan hingga tahun ke tahun,” jelas Ivan kepada PingPoint.co.id melalui aplikasi chat (2/6/2020).

[Baca Juga: Ikan Cupang Banyak Dilirik Pasar Amerika Serikat]

Dalam bisnisnya, selain mengembangbiakkan beragam jenis ikan cupang hias untuk dijual, Ivan juga menawarkan aksesoris seperti pakan ikan sampai perlengkapan untuk mencoba breeding ikan cupang hias sendiri di rumah. Pada masa PSBB ini, ia menjelaskan di antara semua aksesoris yang dirinya jual di akun marketplace dan e-commercenya, barang yang paling banyak dipesan justru adalah kotak styrofoam.

“Pada umumnya masih normal seperti biasa merata, semua laku. Cuman sepertinya yang paling melonjak itu di styrofoam. Saya pribadi jualan styrofoam itu kan buat breeding ikan, kalau ini mungkin gara-gara ada COVID-19, orang banyak order makanan melalui online. Jadinya pengusaha-pengusaha makanan pesan styrofoam sama saya,” ungkapnya.

[Baca Juga: Ini Tips Memelihara Ikan Cupang untuk Pemula ala Ivanplastik]

Menurut Ivan lonjakan pemesanan kotak styrofoam ini mulai terlihat sejak April 2020 dengan pembelinya yang berasal dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Biasanya pembelian di masa PSBB Depok ini dilakukan dengan konsumen yang langsung datang ke tempatnya atau menggunakan kurir.

Sedangkan dari sisi ikan cupang di peternakannya, Ivan melihat terdapat peningkatan juga. Dengan ikan cupang yang paling banyak dikirimnya untuk konsumen adalah jenis super red.

Read More

Artikel Lainnya

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 month lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..