Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Kesehatan

Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, permintaan terhadap produk gel atau cairan pembersih tangan, hand sanitizer, menjadi tinggi di masyarakat. Penggunaan hand sanitizer memang menjadi salah satu cara yang dapat digunakan masyarakat agar terhindar dari virus Corona SARS-CoV-2 atau Virus Corona. Namun, apakah benar efektif?

Animo masyarakat untuk menggunakan hand sanitizer pun meningkat. Harganya di pasaran mengalami lonjakan dan ketersediaannya pun kini menjadi langka. Padahal, banyak ahli mengatakan mencuci tangan dengan sabun lebih efektif dibandingkan menggunakan hand sanitizer.

Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar masyarakat sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir saja bila memungkinkan. Sebab, mencuci tangan mengurangi semua jenis bakteri dan berbagai bahan kimia lainnya yang menempel di tangan.

Dilansir dari artikelnya laman website CDC (24/3/2020), masyarakat baru dapat menggunakan hand sanitizer bila tidak ada sabun dan air yang mengalir di sekitarnya. Dengan catatan, hand sanitizer yang digunakan haruslah mengandung setidaknya 60 persen alkohol agar dapat ampuh merusak lapisan luar Virus Corona tersebut.

CDC pun menyarankan agar tidak menggunakan hand sanitizer saat kondisi tangan sangat kotor, seperti selesai berkemah atau berkebun. Anda dianjurkan untuk langsung mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Dalam artikel CDC lainnya disebutkan, hand sanitizer tidak mampu membunuh semua jenis bakteri, seperti bakteri penyebab diare dan beberapa jenis parasit lainnya. Selain itu, hand sanitizer juga kemungkinan tidak mampu menghilangkan bahan kimia yang menempel di tangan seperti pestisida dan logam berat.

Oleh karena itu, menurut CDC, mencuci tangan lebih mampu menghilangkan semua jenis bakteri dan bahan kimia yang menempel di tangan. Agar cuci tangan dapat efektif membersihkan tangan dari bakteri dan bahan kimia, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik.

Selama waktu tersebut, Anda harus membersihkan tangan secara menyeluruh sampai sela-sela jari dan kuku. Jadi, selama ada sabun dan air di sekitar Anda, maka cucilah tangan!

[Baca Juga: Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona?]

Sebelumnya, Juru Bicara Penanganan Wabah Virus Korona (Covid-19) Achmad Yurianto menyampaikan agar masyarakat mencuci tangan mereka dengan sabun dan air untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dilansir dari Setkab.go.id (26/3/2020), Yuri mengatakan, mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif karena bisa membersihkan seluruh tangan, mulai dari punggung tangan hingga sela-selanya.

”Yang lebih penting dari itu semuanya adalah cuci tangan. Cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding dengan menggunakan hand sanitizer,” ujar Yuri saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta Pusat (25/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.