Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Kesehatan

Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, permintaan terhadap produk gel atau cairan pembersih tangan, hand sanitizer, menjadi tinggi di masyarakat. Penggunaan hand sanitizer memang menjadi salah satu cara yang dapat digunakan masyarakat agar terhindar dari virus Corona SARS-CoV-2 atau Virus Corona. Namun, apakah benar efektif?

Animo masyarakat untuk menggunakan hand sanitizer pun meningkat. Harganya di pasaran mengalami lonjakan dan ketersediaannya pun kini menjadi langka. Padahal, banyak ahli mengatakan mencuci tangan dengan sabun lebih efektif dibandingkan menggunakan hand sanitizer.

Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan agar masyarakat sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir saja bila memungkinkan. Sebab, mencuci tangan mengurangi semua jenis bakteri dan berbagai bahan kimia lainnya yang menempel di tangan.

Dilansir dari artikelnya laman website CDC (24/3/2020), masyarakat baru dapat menggunakan hand sanitizer bila tidak ada sabun dan air yang mengalir di sekitarnya. Dengan catatan, hand sanitizer yang digunakan haruslah mengandung setidaknya 60 persen alkohol agar dapat ampuh merusak lapisan luar Virus Corona tersebut.

CDC pun menyarankan agar tidak menggunakan hand sanitizer saat kondisi tangan sangat kotor, seperti selesai berkemah atau berkebun. Anda dianjurkan untuk langsung mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Dalam artikel CDC lainnya disebutkan, hand sanitizer tidak mampu membunuh semua jenis bakteri, seperti bakteri penyebab diare dan beberapa jenis parasit lainnya. Selain itu, hand sanitizer juga kemungkinan tidak mampu menghilangkan bahan kimia yang menempel di tangan seperti pestisida dan logam berat.

Oleh karena itu, menurut CDC, mencuci tangan lebih mampu menghilangkan semua jenis bakteri dan bahan kimia yang menempel di tangan. Agar cuci tangan dapat efektif membersihkan tangan dari bakteri dan bahan kimia, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik.

Selama waktu tersebut, Anda harus membersihkan tangan secara menyeluruh sampai sela-sela jari dan kuku. Jadi, selama ada sabun dan air di sekitar Anda, maka cucilah tangan!

[Baca Juga: Mengapa Sabun Ampuh Matikan Virus Corona?]

Sebelumnya, Juru Bicara Penanganan Wabah Virus Korona (Covid-19) Achmad Yurianto menyampaikan agar masyarakat mencuci tangan mereka dengan sabun dan air untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dilansir dari Setkab.go.id (26/3/2020), Yuri mengatakan, mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif karena bisa membersihkan seluruh tangan, mulai dari punggung tangan hingga sela-selanya.

”Yang lebih penting dari itu semuanya adalah cuci tangan. Cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding dengan menggunakan hand sanitizer,” ujar Yuri saat memberikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta Pusat (25/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.