Dibangun Sejak 2016, Rusun Pasar Rumput Diresmikan Jokowit.jpg

Properti dan Solusi

Dibangun Sejak 2016, Rusun Pasar Rumput Diresmikan Jokowi

Sejak tahun 2016, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerjakan proyek pembangunan Rumah Susun atau Rusun Pasar Rumput yang berlokasi di Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Pembangunan yang masuk ke dalam daftar Proyek Strategi Nasional ini sebenarnya sudah tuntas pada tahun 2019, namun baru pada tahun ini Rusun Pasar Rumput diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut hunian ini dapat semakin memudahkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Peresmian ini digelar pada 20 September 2021 dengan Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput,” ucap Presiden RI dalam peresmian tersebut, sebagaimana dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden (20/9/2021).

Dari sisi konsepnya sendiri, Rusun Pasar Rumput dibangun dengan konsep mixed-used development yang di mana terdiri dari 1.984 unit dengan ukuran tipe 36. Hunian tersebut berlokasi di lantai 4-lantai 25 dengan lantai satu dan dua difokuskan untuk aktivitas jual-beli pasar. Dari sisi jumlah kiosnya sendiri, lantai satu menyediakan 318 kios dan 350 los dengan lantai dua tersedia 649 kios. Sedangkan untuk lantai 3 difokuskan sebagai lokasi fasilitas umum serta fasilitas sosial.

Dibangun Sejak 2016, Rusun Pasar Rumput Diresmikan Joko wit.jpg

“Keberadaan pasar dengan fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum) yang lengkap ini memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti pedagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya,” tutur Jokowi, sebagaimana dilansir dari presidenri.go.id (20/9/2021).

Orang nomor satu di RI itu melanjutkan, proyek ini menelan dana Rp970 miliar dengan pembangunan yang difokuskan untuk memudahkan para penghiuninya, salah satunya adalah akses terhadap transportasi umum. Karena Rusun Pasar Rumput sudah terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas. Oleh karena itulah, Jokowi berharap kehadiran rusun ini menjadi lokasi hunian yang layak serta nyaman untuk kegiatan ekonomi masyarakat.

Dari sisi penghuninya sendiri, Jokowi menambahkan, masyarakat penghuni sisi sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi pencegahan banjir dapat ditampung di Rusun Pasar Rumput. Terkait data penghuninya sendiri, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim sudah mengantungi datanya yang sebelumnya sudah disusun oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya. Oleh karena itu dalam waktu dekat, Rusun Pasar Rumput sudah bisa diisi oleh para penghuni barunya.


Read More

Pasar Rumput

Rumah Susun dan Kios Pasar

None
None

Artikel Lainnya

1.jpg

Hobi dan Hiburan

Nuansa Natural di Pemandian Sumber Demoon Malang

26 October 2021, 19:03

Obyek wisata Sumber Demoon berlokasi di Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.


Comments


Please Login to leave a comment.