Dibuang Jangan, Ini 5 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan

Kesehatan

Dibuang Jangan, Ini 5 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan

Mangga merupakan buah yang populer dikonsumsi di Indonesia. Rasanya manis dan juga berair. Di Indonesia, mangga terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah harum manis, manalagi, madu mangga apel, dan lain sebagainya. Mangga juga buah yang kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya, saat mengonsumsi manga, biji besar yang ada di bagian tengahnya dibuang karena keras dan tidak bisa dikonsumsi. Tapi tahukah Anda, biji mangga juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan?

Biji mangga juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Biji mangga berwarna putih krem ​​dan permukaannya berserat dan berbulu. Benih terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel. Kernel biji mangga mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium. Benih ini juga memiliki sejumlah senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan.

Dibuang Jangan, Ini 5 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan

Namun biji mangga biasanya dikonsumsi saat sudah diolah menjadi kapsul, minyak, atau pun bubuk sebagai multivitamin. Biji mangga yang sudah diolah dapat bermanfaat bagi tubuh, berdasarkan dilansir dari boldsky.com (4/11/2019) inilah manfaat biji mangga.

1) Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak biji mangga menunjukan sifat antidiabetes yang efektif mengendalikan dan mengurangi kadar gula darah. Sehingga multivitamin yang dibuat dengan ekstrak biji mangga bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk penderita atau Anda yang berisiko diabetes.

2) Mempromosikan Kesehatan Jantung

Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan menyebutkan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Hal tersebut bisa terjadi berkat aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga.

3) Menurunkan Peradangan

Senyawa fenolik dalam biji mangga dapat bertanggung jawab sebagai antioksidan dan antiinflamasi atau antiperadangan. Sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan di sistem pencernaan, dan penyakit kronis lainnya. hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research.

4) Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat biji mangga yang mungkin paling dinanti dan diharapkan banyak orang adalah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid. Asupan ekstrak biji mangga yang cukup, juga dapat membantu orang kelebihan berat badan atau obesitas yang sulit menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.

5) Mengurangi Risiko Diare

Biji mangga juga kerap kali digunakan oleh masyarakat tradisional India untuk digunakan sebagai anti diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan, ekstrak biji mangga menunjukkan sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus, yang merupakan salah satu bakteri patogen yang bisa menyebabkan beragam penyakit.

[Baca Juga: 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit]

Itulah manfaat biji mangga yang bisa Anda nikmati jika mengonsumsinya dalam bentuk multivitamin atau minyak secara rutin.

[Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.