Dibuka Juni, PPDB SD SMP Se-Surabaya Sepenuhnya Berbasis Daring

Pendidikan

Dibuka Juni, PPDB SD & SMP Se-Surabaya Sepenuhnya Berbasis Daring

Satu bulan jelang dilaksanakannya penerimaan peserta didik baru atau PPDB di seluruh sekolah—tingkat dasar (SD) dan tingkat menengah pertama (SMP)—Dinas Pendidikan Kota Surabaya melakukan beberapa penyesuaian regulasi, sebagaimana yang diamanatkan Perwali Nomor 21 Tahun 2020.

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Supomo mengakui memang ada banyak ketentuan yang dituangkan dalam Perwali tersebut. Baik itu tentang zona-zona untuk jenjang SD dan SMP, kriteria dan pembobotan prestasi untuk jalur masuk prestasi, hingga penentuan pagu atau kuota untuk masing-masing sekolah.

Hingga saat ini, sambung Supomo, Dispendik sedang menyelesaikan perihal penetapan pagu atau kuota di masing-masing sekolah. Menurut dia, penentuan pagu disesuaikan dengan calon peserta didik baru (CPDB) yang akan masuk sekolah.

Dibuka Juni, PPDB SD SMP Se-Surabaya Sepenuhnya Berbasis Daring

Ketentuan lainnya, tutur dia, perihal penyelenggaraan tahap pendaftaran berbasis dalam jaringan (daring) alias online. Tahap pendaftaran ini diberlakukan bagi semua jalur penerimaan, baik itu jalur zonasi, mitra warga, perpindahan orangtua atau wali dan jalur prestasi.

Lebih lanjut dia menuturkan, sebelum digunakan, Dispendik akan melakukan pengujian terlebih dulu terhadap sistem online tersebut. Supomo menyatakan hal ini sesuai dengan ketentuan Perwali—di pasal 5 ayat 2—yang meminta pihak sekolah untuk menyediakan pelayanan PPDB dan fasilitas internet pada jam kerja.

[Baca Juga: Mulai Dibuka Pendaftaran Jalur Zonasi PPDB SMP dan SMA di Jakbar]

Akan tetapi, kata Supomo, dikhususkan untuk tingkat SD, hanya memiliki jalur zonasi, mengingat usia siswa yang menjadi bahan pertimbangan Dispendik. ”Karena ini pendidikan dasar, komitmen pemkot semua anak harus sekolah. Kita hitung di situ. Usia sekolah harus sekolah. Itu yang kita siapkan,” ungkap Supomo, sebagaimana diberitakan Jawapos, pada Rabu (13/5/2020).

Orangtua Aktif Cari Informasi

Mengenai jadwal penyelenggaraan, menurut Supomo, pelaksanaan PPDB untuk di tingkat SD akan dimulai lebih dulu. Rincinya, tahap pendaftaran akan dibuka pada tanggal 15-20 Juni, yang kemudian dilanjutkan ke tahap verifikasi, pengumuman, dan daftar ulang pada 22-23 Juni. Sementara penerimaan melalui jalur zonasi wilayah Kecamatan akan diselenggarakan pada 25-26 Juni, sedangkan untuk jalur wilayah kota, pendaftaran dilaksanakan pada 29-29 Juni.

Perihal jadwal pendaftaran PPDB untuk di tingkat SMP, akan dilaksanakan setelah pelaksanaan di tingkat SD selesai. Namun, orangtua wali murid harus mempersiapkan diri untuk memvalidasi data-data putra-putrinya. Sesuai dengan pasal 4 ayat (2) d, calon peserta didik baru (CPDB) wajib melakukan validasi data secara online sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bakal ada pengaturan lebih lanjut melalui keputusan wali kota Surabaya terkait jadwal tersebut. Ketentuan itu dikecualikan bagi CPDB jalur zonasi kategori inklusi.

[Baca Juga: DKI Jakarta Dipandang Adil Dalam Terapkan Zonasi Sekolah]

Supomo pun menekankan bahwa pada pelaksanaan PPDB tahun ini, orangtua memang dituntut lebih aktif untuk mencari informasi tentang PPDB tahun ini. Dispendik Surabaya sudah menyiapkan jalur pengaduan terkait PPDB yang juga diatur dalam perwali. Yakni, melalui dua nomor telepon di 085732905119 dan 081259896163. Bisa pula melalui pengaduan tertulis ke Dispendik Surabaya di Jalan Jagir Wonokromo 354−356, Surabaya.

Sekolah Negeri Disorot Swasta

Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Surabaya Erwin Darmogo mengingatkan, Dispendik Surabaya agar pada PPDB tahun ini, pada realisasi pelaksanaannya benar-benar mematuhi ketentuan jumlah siswa dalam satu rombongan belajar (rombel).

Dia pun menggaris bawahi perihal jumlah rombel maksimal dalam satu sekolah. Menurutnya, sesuai Permendikbud, jumlah maksimal satu rombel sebanyak 32 siswa, sedangkan jumlah rombel maksimal sebelas tiap jenjang kelas.

Dibuka Juni, PPDB SD SMP Se-Surabaya Sepenuhnya Berbasis Daring

Selaras itu, dia juga mengingatkan polemik yang terjadi pada pelaksanaan PPDB sebelumnya. Dia mengenang, pada PPDB tahun lalu menyebabkan aksi demonstrasi oleh para guru dan pengelola sekolah swasta ke Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya.

Kata Erwin, salah satu penyebabnya adalah sekolah swasta kekurangan murid, yang diakibatkan dari kebijakan sekolah negeri terlalu banyak menyediakan kursi untuk siswa. Demikian juga para orang tua, yang juga menggelar aksi demonstrasi, lantaran aturan pagu zonasi menyentuh angka 80 persen dari total kapasitas. Para orang tua itu berunjuk rasa hingga malam, bahkan mendatangi rumah dinas wali kota. ”PPDB tahun lalu jelas melebihi itu untuk sekolah negeri. Harapannya tahun ini tidak begitu,” pinta Erwin.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.