Dibuka Kembali, Pasar Tanah Abang Terapkan Mekanisme Ganjil-Genap

Bisnis

Dibuka Kembali, Pasar Tanah Abang Terapkan Mekanisme Ganjil-Genap

Pasar Tanah Abang yang berada di kawasan Jakarta Pusat menerapkan sejumlah protokol kesehatan pasca dibuka kembali pada pada Senin, 15 Juli 2020. Salah satunya adalah menerapkan kebijakan ganjil-genap bagi setiap toko yang beroperasi.

Menurut Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, penerapan sistem ganjil-genap bagi kios toko yang beroperasi lebih baik dibandingkan harus membuka pasar terbuka di jalanan yang akan membuat lalu lintas menjadi macet. Sebab kata Arief, dengan diterapkannya kebijakan ganjil-genap maka akan terjadi pembatasan jarak antar sesama pembeli dan pedagang di pasar.

[Baca Juga: Akibat Corona, Pasar Tanah Abang Mulai Batasi Jam Operasional]

Adapun untuk mekanismenya, sistem ganjil-genap akan diatur berdasarkan tanggal. Jika jatuh pada tanggal ganjil, maka toko yang boleh buka hanya toko dengan nomor ganjil. Begitupun sebaliknya untuk tanggal genap, maka toko dengan nomor genap yang boleh beroperasi.

"Kalau dia punya ganjil-genap satu toko. Ya di tanggal ganjil buka yang ganjil, rolling door yang genap ditutup. Jadi sangat mudah. Yang terpenting adalah nurut. Patuhi arahan yang sudah diberikan," ujar Arief sewaktu meninjau pembukaan kembali pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Senin, 15 Juni 2020.

4 Tempat Alternatif Belanja Baju Lebaran Selain Tanah Abang

Arief pun mengaku bahwa pihaknya tak segan untuk memberikan sanksi bagi pemilik toko yang melanggar aturan ganjil-genap tersebut. Salah satu sanksi nya adalah dengan tidak memberikan izin kepada pemilik untuk membuka kembali tokonya.

"Gini, ganjil genap saya highlight sanksi ya. Tapi saya minta kesadaran. Sanksi mah, pasti ada. Kalau enggak nurut juga kiosnya ya kita tutup," tambahnya.

Selain menerapkan kebijakan ganjil-genap bagi toko yang beroperasi, para pedagang dan pembeli juga diwajibkan untuk menggunakan masker. Bahkan untuk para pedagang, PD Pasar Jaya juga telah menyiapkan face shield yang dapat digunakan selama beraktivitas.

[Baca Juga: BUMD Pasar Jaya Hadirkan Sistem Pesan Antar di Pasar Minggu]

"Hari ini kami sudah distribusikan 80.000 face shield kepada seluruh pedagang (naungan Pasar Jaya)," kata Arief.

Tidak hanya itu, waktu operasional para perdagangan pun dibatasi mulai pukul 07.00 sampai dengan 14.00 WIB. PD Pasar Jaya juga mengimbau para ibu hamil, lansia dan anak-anak untuk tidak berkunjung terlebih dahulu ke pasar. Sebab, mereka merupakan salah satu kategori yang rentan terhadap penyebaran virus Corona atau COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88 rasakan sensasinya guuuys......