Dicari Skenario Cerita Anak Nusantara

Pendidikan

Dicari: Skenario Cerita Anak Nusantara

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali berkolaborasi dengan Wahana Kreator menyelenggarakan program pencarian dan penulisan skenario anak yakni SCARA (Skenario Cerita Anak Nusantara). Kolaborasi yang dilakukan untuk kedua kalinya ini bertujuan untuk meningkatkan produk kreatif ramah anak, sekaligus mendorong pertumbuhan ekosistem penulis sehingga mampu menghasilkan penulis skenario yang berkualitas.

Deputi Akses Permodalan Bekraf Fajar Utomo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan Bekraf memajukan industri kreatif, khususnya melalui penulisan skenario anak sehingga anak-anak Indonesia bisa mendapatkan alternatif tontonan berkualitas dan mengedukasi.

Dicari Skenario Cerita Anak Nusantara

“Kalau kita bicara film bagus tentu diawali dengan skenario yang bagus. Namun tidak hanya di film saja tapi juga menginsprasi bisnis kreatif lainnya seperti penulisan, game, animasi dan sebagainya,” katanya di GoWork Plaza Indonesia (31/72019).

Selain itu, program SCARA 2019 merupakan upaya berkesinambungan dalam menemukan bibit kreator muda yang dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional melalui industri kreatif. “Kenapa mendukung, karena kita ingin makin banyak lagi konten ramah anak,” sambungnya.

Direktur Utama Wahana Kreator Nusantara Salman Aristo mengungkapkan, pentingnya memenuhi kebutuhan penulis skenario anak yang mampu menghasilkan karya berkualitas dan siap diserap industri perfilman tanah air.

[Baca Juga: ICINC, Komintmen Bekraf Menuju Pameran Dagang Terbesar Amerika]

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen menyumbangkan hasil yang signifikan bagi industri cerita anak di Indonesia melalui kurikulum yang dirancang bersinergi dengan institusi di bidang kreatif dengan mempertimbangkan dampak nyata untuk industri konten anak.

Kualifikasi peserta yang akan lolos seleksi menjadi lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini semua peserta akan masuk ke writers room dan menjadi bagian dari tim pengembangan cerita sehingga skenario yang dihasilkan lebih matang dan siap diproduksi.

“Peserta program akan berkesempatan untuk menjadi penulis skenario cerita anak Pandawa Junior, sebuah seri animasi dengan karakter pewayangan salah satu karya Semesta Anak yang bisa menjadi referensi orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak,” kata Salman.

[Baca Juga: Ini 5 Film Wajib Ditonton di Bulan Agustus 2019]

Workshop inkubasi SCARA 2019 berlangsung selama dua bulan. Peserta akan didampingi mentor yang sudah sangat berpengalaman dalam industri kreatif seperti Salman Aristo, Gina S. Noer, Arief Ash Shiddiq, dan penggiat pendidikan Najelaa Shihab.

Tahapan inkubasi diantaranya pembekalan materi, pembagian kelompok, pengembangan cerita dan penulisan skenario, hingga skenario memasuki draft satu. Peserta wajib hadir dalam pertemuan langsung dan mengerjakan tugas yang diberikan selama proses inkubasi. “Yang membedakan SCARA dengan program lain adalah pemberian pemahaman atau besic dasar, lalu kepenulisan skenario,” ujarnya.

Bagi yang ingin mengikuti program SCARA 2019 dapat mendaftarkan diri melalui laman www.scara.id. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 Juli-12 Agustus 2019.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.