Diet Jadi Resolusi Tahun Baru 2019? Ini Tips Mewujudkannya

Kesehatan

Diet Jadi Resolusi Tahun Baru 2019? Ini Tips Mewujudkannya

Bila membahas diet di kala tahun baru, maka kata “new year, new you” merupakan gambaran motivasi untuk semua orang. Karena itu, kesehatan yang lebih baik dan tubuh yang ideal pun menjadi resolusi tahun baru 2019 banyak orang. Selain giat olahraga, pemilihan makanan dan minuman juga penting untuk Anda jika memang ingin mewujudkannya. Sebab, asupan makanan yang masuk tubuh akan turut memengaruhi kondisi kesehatan dan tubuh Anda.

DI sisi lain, jika Anda tidak mengontrol makanan serta minuman yang dikonsumsi mulai dari sekarang, maka beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga stroke akan menghantui Anda. Karena itu, bila resolusi tahun 2019 Anda adalah diet, maka berikut ada beberapa tips yang dapat diterapkan, sebagaimana dilansir dari who.int (27/12/2018):

1. Konsumsi Makanan yang Beragam

Konsumsi-Makanan-yang-Beragam.jpg

Di tengah kesibukan di kantor, rata-rata pilihan makanan yang dikonsumsi adalah yang bersifat simple dan enak. Karena itu, makanan junk food kerap menjadi pilihan. Namun jika diet menjadi resolusi tahun baru 2019 Anda maka ubah kebiasaan tersebut. Pilihlah makanan yang beragam karena itu penting untuk kesehatan dan bentuk tubuh ideal.

[Baca Juga: 3 Resolusi Tahun Baru Ini Bantu Anda Tetap Bugar]

Untuk makanan pokok, Anda bisa memilih untuk mengonsumsi nasi atau gandum yang disandingkan dengan kacang atau lentil. Konsumsi daging, telur, serta susu juga penting dan bisa dikombinasikan dengan makanan sampingan seperti sayur mentah, kacang tanpa garam, dan buah-buahan. Hindari camilan bungkusan yang dipenuhi gula atau garam.

2. Kurangi Garam

Garam merupakan salah satu unsur yang tidak bisa dilepaskan dari masakan. Tapi sayangnya, terdapat efek negatif dari bumbu masakan ini. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menaikan tekanan darah sehingga memicu penyakit jantung dan stroke.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan garam hanya boleh dikonsumsi sekira 5 gram atau satu sendok teh per harinya. Karena itu, untuk diet di resolusi tahun baru 2019, Anda bisa menekan konsumsi garam. Saat masak atau menyiapkan makanan yang memerlukan rasa asin, Anda bisa mengganti garam dengan kecap asin atau kecap ikan. Jika membeli makanan atau produk dalam kemasan, Anda bisa mengecek komposisinya dan pilih yang memiliki kandungan sodium rendah.

3. Mengurangi Penggunaan Minyak Goreng

Mengurangi-Penggunaan-Minyak-Goreng.jpg

Segala makanan yang melalui proses penggorengan menggunakan mentega dan minyak goreng seperti minyak sawit, terbilang nikmat untuk dikonsumsi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini juga tidak baik. Makanan seperti ini disinyalir memiliki kandungan lemak trans yang tinggi.

[Baca Juga: Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong]

Bila ingin diet untuk resolusi tahun baru 2019 Anda sukses, maka ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan yang melalui proses masak dengan minyak goreng atau mentega. Anda bisa menggantinya dengan minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk memasak melalui mengukus atau merebus untuk mengurangi proses menggoreng makanan.

Read More

Artikel Lainnya

sholat-tarawih.jpg

Berita Kawasan

Salat Tarawih Perdana di Kota Medan Berlangsung Lancar dan Sesuai Prokes

13 April 2021, 11:49

Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menyambut Ramadan dengan protokol kesehatan, seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area masjid.

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.