pingpoint

Diet Jadi Resolusi Tahun Baru 2019? Ini Tips Mewujudkannya

Kesehatan

Diet Jadi Resolusi Tahun Baru 2019? Ini Tips Mewujudkannya

Bila membahas diet di kala tahun baru, maka kata “new year, new you” merupakan gambaran motivasi untuk semua orang. Karena itu, kesehatan yang lebih baik dan tubuh yang ideal pun menjadi resolusi tahun baru 2019 banyak orang. Selain giat olahraga, pemilihan makanan dan minuman juga penting untuk Anda jika memang ingin mewujudkannya. Sebab, asupan makanan yang masuk tubuh akan turut memengaruhi kondisi kesehatan dan tubuh Anda.

DI sisi lain, jika Anda tidak mengontrol makanan serta minuman yang dikonsumsi mulai dari sekarang, maka beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga stroke akan menghantui Anda. Karena itu, bila resolusi tahun 2019 Anda adalah diet, maka berikut ada beberapa tips yang dapat diterapkan, sebagaimana dilansir dari who.int (27/12/2018):

1. Konsumsi Makanan yang Beragam

Konsumsi-Makanan-yang-Beragam.jpg

Di tengah kesibukan di kantor, rata-rata pilihan makanan yang dikonsumsi adalah yang bersifat simple dan enak. Karena itu, makanan junk food kerap menjadi pilihan. Namun jika diet menjadi resolusi tahun baru 2019 Anda maka ubah kebiasaan tersebut. Pilihlah makanan yang beragam karena itu penting untuk kesehatan dan bentuk tubuh ideal.

[Baca Juga: 3 Resolusi Tahun Baru Ini Bantu Anda Tetap Bugar]

Untuk makanan pokok, Anda bisa memilih untuk mengonsumsi nasi atau gandum yang disandingkan dengan kacang atau lentil. Konsumsi daging, telur, serta susu juga penting dan bisa dikombinasikan dengan makanan sampingan seperti sayur mentah, kacang tanpa garam, dan buah-buahan. Hindari camilan bungkusan yang dipenuhi gula atau garam.

2. Kurangi Garam

Garam merupakan salah satu unsur yang tidak bisa dilepaskan dari masakan. Tapi sayangnya, terdapat efek negatif dari bumbu masakan ini. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menaikan tekanan darah sehingga memicu penyakit jantung dan stroke.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan garam hanya boleh dikonsumsi sekira 5 gram atau satu sendok teh per harinya. Karena itu, untuk diet di resolusi tahun baru 2019, Anda bisa menekan konsumsi garam. Saat masak atau menyiapkan makanan yang memerlukan rasa asin, Anda bisa mengganti garam dengan kecap asin atau kecap ikan. Jika membeli makanan atau produk dalam kemasan, Anda bisa mengecek komposisinya dan pilih yang memiliki kandungan sodium rendah.

3. Mengurangi Penggunaan Minyak Goreng

Mengurangi-Penggunaan-Minyak-Goreng.jpg

Segala makanan yang melalui proses penggorengan menggunakan mentega dan minyak goreng seperti minyak sawit, terbilang nikmat untuk dikonsumsi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini juga tidak baik. Makanan seperti ini disinyalir memiliki kandungan lemak trans yang tinggi.

[Baca Juga: Lebih Sehat dengan Makanan Bebas Gluten di BSD Serpong]

Bila ingin diet untuk resolusi tahun baru 2019 Anda sukses, maka ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan yang melalui proses masak dengan minyak goreng atau mentega. Anda bisa menggantinya dengan minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk memasak melalui mengukus atau merebus untuk mengurangi proses menggoreng makanan.


Artikel Lainnya

Bintaro-Kesehatan-4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah-Yakub 1.jpg

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama. Tak hanya itu, manusia sesungguhnya butuh ‘teman’ yang rutin menemani ketika aktivitas lowong.

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Kesehatan

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi Anda perlu diberikan makanan penunjang ASI agar bisa belajar menyantap makanan padat.

Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alami. Meskipun begitu, mengonsumsi bahan makanan sehat seperti minyak zaitun bisa membantu kulit terlihat muda.

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga terkenal dengan kelezatan buahnya dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu, buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.


Please log in to leave a comment.