Dilarang Mudik Lebaran 2020 Pemkot Depok Tunggu Teknisnya

Berita Kawasan

Dilarang Mudik Lebaran 2020! Pemkot Depok Tunggu Teknisnya

Pemerintah Indonesia pada pekan ini telah mengeluarkan kebijakannya terkait tradisi mudik tahunan pada momen Ramadan. Akibat pandemi COVID-19 yang terus membayangi dengan jumlah pasien positifnya yang bertambah dari hari ke hari, pemerintah pun memutuskan untuk melarang kegiatan mudik.

Dengan kebijakan ini maka setiap pemerintah daerah harus mengawasi implementasinya demi memastikan memang tak ada kegiatan mudik. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sendiri hingga kini masih menunggu mengenai teknis kebijakan pelarangan mudik tersebut.

Dilarang Mudik Lebaran 2020 Pemkot Depok Tunggu Teknisnya

Keputusan larangan mudik ini dikeluarkan Presiden Joko Widodo demi menekan semakin merebaknya penyebaran Virus Corona penyebab penyakit COVID-19. Di mana kebijakan ini akan mulai diberlakukan Jumat besok, tepatnya 24 April 2020. Bahkan untuk semakin menegaskan kebijakan ini, pemerintah siap menjatuhkan sanksi kepada warga yang tetap nekat melanggarnya.

Wilayah Jabodetabek merupakan target utama dari kebijakan larangan mudik ini, mengingat kawasan ini sudah masuk ke dalam kategori zona merah COVID-19. Apalagi di Ibu Kota, karena hingga kini diketahui bahwa jumlah pasien positif yang terjangkit virus bernama SARS-CoV-2 itu berada di wilayah DKI Jakarta.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]

Kota Depok pun masuk ke dalam target penerapan larangan mudik ini. “Pemerintah pusat kan telah menetapkan larangan mudik bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) guna memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19. Tapi kami tidak bisa langsung menerapkan, harus menunggu arahan resmi dalam hal ini Kementerian Perhubungan,” ungkap Wali Kota Depok Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (22/4/2020).

Dari sisi Pemkot Depok sendiri, Mohammad Idris menyebut, pihaknya masih terus berkomunikasi terkait implementasi kebijakan larangan mudik, khususnya dengan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ.

[Baca Juga: Solidaritas Tanpa Batas, Kota Depok Dibanjiri Donasi Selama Pandemi]

“Berdasarkan komunikasi yang kami lakukan, ketetapan dilarang mudik ini masih bersifat general dan sedang dirumuskan kebijakan teknisnya. Jika nanti sudah ada kebijakan teknisnya, tentu kami siap menjalankannya,” ungkap orang nomor satu di Kota Belimbing itu.

Jika kebijakan ini sudah dijalankan sepenuhnya maka setiap orang perlu mematuhinya. Pemerintah telah menyiapkan sanksi bagi pemudik yang masih nekat untuk pulang kampung di tengah Pandemi COVID-19. Di mana penerapan sanksi akan dimulai pada 7 Mei 2020 dan bila mengacu kepada Undang-Undang No 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Pasal 93 maka pelanggar dapat diancam pidana hingga satu tahun penjara atau denda maksimal Rp100.000.000.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Emma 2 years, 9 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)