Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

Harga beli hunian serta biaya menyewanya di Ibu Kota tak bisa dipungkiri harganya terbilang tinggi dan kerap mempersulit warga DKI Jakarta dengan pemasukan yang pas-pasan tapi ingin membina keluarga sendiri secara mandiri. Kondisi inilah yang terus diperhatikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan berusaha diatasi dengan program bernama JAKHABITAT. Di mana dalam program ini, Pemprov DKI Jakarta berusaha meningkatkan kuantitas serta kualitas dari hunian yang terjangkau untuk warga DKI Jakarta dan ini bisa dilihat realisasinya pada pekan ini yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JAKHABITA merupakan program Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman atau DPRKP. Di mana program ini sukses mendirikan 33 tower dengan 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa atau Rusunawa di berbagai wilayah Ibu Kota. Ribuan Rusunawa dengan puluhan tower itu baru-baru ini diresmikan secara simbolis oleh Anies pada 18 Agustus 2022 di Rusunawa Penjaringan Jakarta Utara.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anie s.jpg

Menurut DPRKP DKI Jakarta, angka rusunawa tersebut menjadi rekor baru dalam pembangunan unit rusunawa terbanyak dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Bagi Anies, kehadiran ribuan rusunawa itu menjadi bagian dari upaya kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan hunian serta permukiman yang terintegrasi dan dapat menjadi tempat tumbuh kembang bagi para penghuninya.

“Kita berharap rumah dan hunian ini menjadi habitat untuk tumbuh kembangnya keluarga-keluarga di Jakarta dengan sehat dan bahagia,” tutur orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (18/8/2022).

[Baca Juga: Geliatkan Minat Baca di Rusunawa Marunda, Dispusip DKI Jakarta Lakukan Ini]

Rusun-rusun yang dihadirkan Pemprov DKI Jakarta disebut memiliki akses yang memang ditujukan untuk masa depan anak-anak yang tinggal di dalamnya. Ini terbukti dengan sejumlah sekolah berada tidak jauh dari rusunawa di program ini. “Uniknya di sini (Rusunawa Penjaringan) juga banyak TK dan sekolah, artinya tempat untuk menyiapkan masa depan. Ibu/Bapak sekalian pastikan anak-anak ini serius dalam pendidikan dan saya minta buat agar suasana di tempat ini juga ramah untuk anak-anak,” sambung Anies.

Di setiap rusunawa dalam program JAKHABITAT memiliki ukuran 36 meter persegi untuk luasnya yang lengkap dengan ruang keluarga, dua unit kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan balkon. Syarat untuk bisa tinggal di sini terdiri dari warga dengan KTP DKI Jakarta, sudah berkeluarga, memang belum memiliki rumah tinggal sendiri, serta berpenghasilan di bawah Upah Minimun Provinsi. Jika memenuhi syarat maka pendaftar bisa mengajukan pendaftaran secara daring di apps Sistem Infomrasi Perumahan dan Permukinan atau Sirukim.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.