Dinas Kesehatan Bekasi Fasilitasi Rapid Test untuk Santri Gontor Se-Jabodetabek .jpg

Kesehatan

Dinas Kesehatan Bekasi Fasilitasi Rapid Test untuk Santri Gontor Se-Jabodetabek

Pondok Pesantren Gontor merupakan salah satu pesantren tersohor di Indonesia. Lulusannya pun banyak yang sudah terbukti sukses di dunia kerja industri ataupun profesional. Tenaga pengajar maupun muridnya pun tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur, melaksanakan Rapid Test COVID-19 bagi para santri dan ustadz-nya yang bertempat tinggal di Jabodetabek dan mancanegara.

Pelaksanaan rapid test kepada santri dan tenaga pengajar Pondok Pesantren Gontor dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 15, 18, dan 19 Juni 2020 mendatang. Sebanyak 543 santri dan ustadz akan uji kesehatan di Poliklinik Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi. Penanggung Jawab Pelaksanaan Rapid Test COVID-19 Aab Sihabudin menyebutkan, pengetesan yang akan dilakukan ini sangat penting karena untuk menghambat penyebaran COVID-19.

"Sangat penting dilakukan guna mengantisipasi agar jangan ada penyebaran. Para santri di Gontor itu dari berbagai daerah. Takutnya dari sini ada yang terpapar dan kita tidak periksa dengan baik, nanti akan membawa virus itu ke sana ataupun sebaliknya. Kita tidak inginkan hal itu," sebut Aab.

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (16/6/2020), ia berharap hasil tes negatif agar tak ada rantai penularan antarsantri saat kembali ke pondok nanti. Tes ini juga berguna untuk mendapatkan surat sehat untuk santri agar dapat kembali ke pondok pesantren yang ada di Jawa Timur.

"Rapid test ini merupakan fasilitas dari Dinas Kesehatan dan pembuatan surat sehat untuk santri Gontor Jawa Timur. Ini dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan perjalanan ke luar kota " kata Koordinator Rapid Test Santi Pondok Pesantren Gontor Maulana.

Maulana juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dinas Kabupaten Bekasi dan pihak lain yang telah membantu terlaksananya uji kesehatan ini. Salah satu santri Pondok Pesantren Gontor Liana mengucapkan, pelaksanaan rapid test seperti ini berguna untuk menjamin kesehatannya, agar tidak menularkan virus Corona kepada santri lainnya.

“Menjamin kesehatan ketika menjelang keberangkatan. Soalnya kan nanti kita ketemu berbagai daerah, jadi kita butuh hasil yang nyata buat menyatakan kita sehat atau tidak,” ucap Liana.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.