Depok-Kesehatan-0Dinas-Kesehatan-Depok-Gelar-Pemeriksaan-Pap-Smear-Gratis-Emil-03.jpg

Kesehatan

Dinas Kesehatan Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis

Pap Smear merupakan salah satu prosedur medis yang cepat dan tidak menimbulkan sakit untuk mengecek kanker serviks. Dengan prosedur ini maka para perempuan dapat mengetahui apakah dirinya mengidap kanker serviks atau tidak. Karena itu guna deteksi dini untuk para perempuan di Depok terkena kanker tersebut, pihak Dinas Kesehatan Depok mengadakan pemeriksaan pap smear secara gratis di Jalan Margonda Raya.

Pemeriksaan ini diadakan selama dua hari pada 15-16 November 2018. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah di lantai 10 Gedung Dibaleka II Komplek Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya No.54.

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear

“Kami rutin melaukan pemeriksaan pap smear, untuk kali ini dilakukan sehubungan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ulang Tahun KORPRI,” jelas Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok, Rani Martina, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (14/11/2018).

[Baca Juga: Menuju Pemerataan Pembangunan Kota Depok]

Target pemeriksaan pap smear ini adalah para pegawai perempuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Depok, istri ASN, dan pegawai swasta perempuan yang berada di lingkungan sekitar Balai Kota Depok. Namun terdapat syarat khusus untuk mengikutinya yakni memiliki kartu BPJS dan KTP aktif, pernah berhubungan seksual dan sedang tidak menstruasi.

Speculum untuk Pemeriksaan Pap Smear

Sebagaimana dilansir dari verywellhealth.com, tes ini melibatkan alat bernama speculum yang biasanya terbuat dari logam atau plastik. Kemudian alat medis tersebut diberikan pelumas khusus dan dimasukan oleh dokter ke bagian dalam vagina demi menahan dinding pada alat kelamin tersebut. Lalu dokter akan menggunakan alat yang mirip dengan cotton bud untuk mengambil sampel sel yang berada di serviks.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Sel yang sudah diambil tersebut akan diperiksa dokter menggunakan mikroskop. Tes ini sebenarnya tidak digunakan untuk mendiagnosa mengenai kanker, tapi untuk melihat perubahan di serviks yang abnormal seperti keberadaan sel kanker. Biasanya jika dokter menemukan indikasi keberadaan kanker serviks, ia akan menyarankan untuk melakukan pengencekan medis lebih lanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.