Depok-Kesehatan-0Dinas-Kesehatan-Depok-Gelar-Pemeriksaan-Pap-Smear-Gratis-Emil-03.jpg

Kesehatan

Dinas Kesehatan Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis

Pap Smear merupakan salah satu prosedur medis yang cepat dan tidak menimbulkan sakit untuk mengecek kanker serviks. Dengan prosedur ini maka para perempuan dapat mengetahui apakah dirinya mengidap kanker serviks atau tidak. Karena itu guna deteksi dini untuk para perempuan di Depok terkena kanker tersebut, pihak Dinas Kesehatan Depok mengadakan pemeriksaan pap smear secara gratis di Jalan Margonda Raya.

Pemeriksaan ini diadakan selama dua hari pada 15-16 November 2018. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah di lantai 10 Gedung Dibaleka II Komplek Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya No.54.

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear

“Kami rutin melaukan pemeriksaan pap smear, untuk kali ini dilakukan sehubungan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ulang Tahun KORPRI,” jelas Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok, Rani Martina, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (14/11/2018).

[Baca Juga: Menuju Pemerataan Pembangunan Kota Depok]

Target pemeriksaan pap smear ini adalah para pegawai perempuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Depok, istri ASN, dan pegawai swasta perempuan yang berada di lingkungan sekitar Balai Kota Depok. Namun terdapat syarat khusus untuk mengikutinya yakni memiliki kartu BPJS dan KTP aktif, pernah berhubungan seksual dan sedang tidak menstruasi.

Speculum untuk Pemeriksaan Pap Smear

Sebagaimana dilansir dari verywellhealth.com, tes ini melibatkan alat bernama speculum yang biasanya terbuat dari logam atau plastik. Kemudian alat medis tersebut diberikan pelumas khusus dan dimasukan oleh dokter ke bagian dalam vagina demi menahan dinding pada alat kelamin tersebut. Lalu dokter akan menggunakan alat yang mirip dengan cotton bud untuk mengambil sampel sel yang berada di serviks.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Sel yang sudah diambil tersebut akan diperiksa dokter menggunakan mikroskop. Tes ini sebenarnya tidak digunakan untuk mendiagnosa mengenai kanker, tapi untuk melihat perubahan di serviks yang abnormal seperti keberadaan sel kanker. Biasanya jika dokter menemukan indikasi keberadaan kanker serviks, ia akan menyarankan untuk melakukan pengencekan medis lebih lanjut.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

17 September 2019, 18:00  |  6 Views

Dalam meningkatkan geliat ikan hias di kawasannya, Pemkot Jakarta Pusat berencana menggelar kontes ikan mas koki.

Pemkot Jakpus Mendukung Program Pengutamaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia

17 September 2019, 17:00  |  8 Views

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa.

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

Kesehatan

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

17 September 2019, 16:00  |  5 Views

Banyak fitur yang bermanfaat tersedia di aplikasi SIDONI yang baru-baru ini telah dluncurkan guna mempermudah akses bagi pendonor.

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Berita Kawasan

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

17 September 2019, 15:00  |  7 Views

Terminal Kalideres saat ini sudah memiliki jalur khusus untuk sepeda demi mendorong pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi.


Comments


Please Login to leave a comment.