Depok-Kesehatan-0Dinas-Kesehatan-Depok-Gelar-Pemeriksaan-Pap-Smear-Gratis-Emil-03.jpg

Kesehatan

Dinas Kesehatan Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis

Pap Smear merupakan salah satu prosedur medis yang cepat dan tidak menimbulkan sakit untuk mengecek kanker serviks. Dengan prosedur ini maka para perempuan dapat mengetahui apakah dirinya mengidap kanker serviks atau tidak. Karena itu guna deteksi dini untuk para perempuan di Depok terkena kanker tersebut, pihak Dinas Kesehatan Depok mengadakan pemeriksaan pap smear secara gratis di Jalan Margonda Raya.

Pemeriksaan ini diadakan selama dua hari pada 15-16 November 2018. Lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah di lantai 10 Gedung Dibaleka II Komplek Balai Kota Depok, Jalan Margonda Raya No.54.

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear

“Kami rutin melaukan pemeriksaan pap smear, untuk kali ini dilakukan sehubungan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Ulang Tahun KORPRI,” jelas Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Depok, Rani Martina, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (14/11/2018).

[Baca Juga: Menuju Pemerataan Pembangunan Kota Depok]

Target pemeriksaan pap smear ini adalah para pegawai perempuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Depok, istri ASN, dan pegawai swasta perempuan yang berada di lingkungan sekitar Balai Kota Depok. Namun terdapat syarat khusus untuk mengikutinya yakni memiliki kartu BPJS dan KTP aktif, pernah berhubungan seksual dan sedang tidak menstruasi.

Speculum untuk Pemeriksaan Pap Smear

Sebagaimana dilansir dari verywellhealth.com, tes ini melibatkan alat bernama speculum yang biasanya terbuat dari logam atau plastik. Kemudian alat medis tersebut diberikan pelumas khusus dan dimasukan oleh dokter ke bagian dalam vagina demi menahan dinding pada alat kelamin tersebut. Lalu dokter akan menggunakan alat yang mirip dengan cotton bud untuk mengambil sampel sel yang berada di serviks.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Sel yang sudah diambil tersebut akan diperiksa dokter menggunakan mikroskop. Tes ini sebenarnya tidak digunakan untuk mendiagnosa mengenai kanker, tapi untuk melihat perubahan di serviks yang abnormal seperti keberadaan sel kanker. Biasanya jika dokter menemukan indikasi keberadaan kanker serviks, ia akan menyarankan untuk melakukan pengencekan medis lebih lanjut.

Read More

Artikel Lainnya

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.

Walau Dibayangi Pandemi, Pocky Ajak Masyarakat Bersemangat dengan Pocky Day 2020.jpg

Bisnis

Walau Dibayangi Pandemi, Pocky Ajak Masyarakat Bersemangat dengan Pocky Day 2020

27 November 2020, 16:41

Pocky ingin tetap mengajak masyarakat untuk tetap bersemangat dengan berbagi kebahagian di momen Pocky Day 2020


Comments


Please Login to leave a comment.